1 Hektar Lahan Cabe Rawit di Desa Kelarik Air Mali Siap Panen

0
475
Kebun cabe rawit seluas 1 hektar jenis Pelita 8 F1 yang dikelola oleh kelompok Tani Usaha Bersama di Desa Kelarik Air Mali Kecamatan Bunguran Utara (foto istimewa)

Bursakota.co.id, Natuna – Satu hektar lahan cabe rawit jenis Pelita 8 F1 yang dikelola oleh kelompok Tani Usaha Bersama di Desa Kelarik Air Mali Kecamatan Bunguran Utara siap panen perdana dalam pekan ini.

Panen perdana cabe rawit seluas satu hektar ini akan dihadiri oleh Wakil Bupati Natuna, Rodhial Huda bersama Kepala Dinas Pertanian Natuna, Marwan Sjah Putra.

Kepada bursakota.co.id, Marwan Sjah Putra menuturkan, panen perdana cabe rawit Pelita 8 F1 seluas satu hektar ini dijadwalkan akan berlangsung pada hari Kamis tanggal 12 Agustus 2021.

“Jadwal panen sudah kita agendakan besok hari Kamis tanggal 12 Agustus. Insaallah akan dihadiri langsung oleh pak Wabup Rodhial Huda,”ujar Marwan, Rabu (11/08) malam.

Dalam panen perdana ini, Marwan belum bisa memastikan berapa ton cabe yang dihasilkan. Namun, ia optimis hasil panen kali ini tidak mengecewakan.

“Biasanya panen kedua, hasilnya lebih banyak jika dibandingkan panen pertama, namun kita optimis hasil panen pertama ini mencapai 7 hingga 8 ton cabe rawit,”paparnya.

Marwan juga menuturkan, kelompok Tani Usaha Bersama ini telah terdaftar sebagai kelompok tani di Dinas Pertanian Kabupaten Natuna.

“Ketentuan dari pusat untuk mendapatkan pupuk bersubsidi, harus terdaftar sebagai kelompok tani. Kelompok Tani Usaha Bersama sudah terdaftar, artinya mereka sudah berhak mendapatkan bantuan pupuk bersubsidi, ini akan kita cek besok berapa kebutuhan pupuknya,”terangnya.

Lebih lanjut, Marwan menjelaskan, selain acara panen cabe juga akan ada sosialisasi tentang arahan Bupati untuk mengekspor sabut kelapa ke luar negeri.

“Besok selain acara panen cabe, kita juga akan mensosialisasi tanaman kelapa, untuk diambil sabutnya sesuai arahan bupati untuk di ekspor tahun depan,”terangnya.***(dodi)

Editor : Faturahman

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here