11 Rumah di Natuna Rusak Diterjang Angin Puting Beliung

0
1460

Bursakota.co.id, Natuna – Sebanyak 11 rumah warga di Kabupaten Natuna mengalami kerusakan, akibat diterjang angin puting beliung yang disertai hujan deras, Jumat pagi (08/01/2020).

Rumah warga yang mengalami kerusakan parah maupun ringan terdapat di tiga Kelurahan Kecamatan Bunguran Timur, yakni Kelurahan Ranai 2 buah rumah, Kelurahan Batu Hitam 4 rumah dan Kelurahan Bandarsyah 5 Rumah terdampak, akibat diterjang angin puting beliung. Beruntung kejadian ini tidak menimbulkan korban jiwa, hanya saja rumah warga porak poranda dihantam angin puting beliung.

Kasi Kedaruratan, Logistik, Rehabilitasi dan Rekonstruksi Bidang Penanggulangan Bencana Dinas Damkar Natuna, Elkadar Lismana kepada bursakota.co.id, menyampaikan, selain merusak rumah warga ada beberapa pohon tumbang yang diakibatkan oleh angin puting beliung. Dimana munculnya angin puting beliung bersamaan dengan hujan deras di musim utara.

“Dari data sementara, ada 11 rumah yang mengalami kerusakan atau terdampak. Baik rusak ringan maupun rusak berat, akibat diterjang angin puting beliung disertai hujan deras yang terjadi pagi hari tadi,”terang Elkadar.

Untuk saat ini, lanjut Elkadar seluruh warga yang terdampak puting beliung masih bertahan di rumah masing-masing.

Sementara tindakan yang telah dilakukan oleh Petugas Lapangan Tim Reaksi Cepat (TRC) Bidang Penanggulangan Bencana antara lain, membersihkan puing-puing atap rumah, mengangkat barang – barang yang harus diamankan atau dilindungi supaya tidak terkena air hujan.

“Beberapa pohon sudah kita tebang, seperti pohon mangga, pohon kelapa dan pohon pinang yang membahayakan warga. Kita juga telah mendata rumah yang terdampak angin puting beliung,”jelas Elkadar.

Laporan : Doni

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here