2 Sekolahan di Tanjungpinang Terima Penghargaan dari Kementerian KLHK RI

0
55
Ket Foto : Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Siti Nurbaya Bakar bersama Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi, Nadiem Makarim menyerahkan penghargaan di Gedung Manggala Wanabakti, Jakarta, Selasa (17/10/2023).

Bursakota.co.id, Tanjungpinang – Dua sekolah di Kota Tanjungpinang, Kepulauan Riau (Kepri) berhasil meraih prestasi cemerlang di dunia pendidikan lingkungan dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) Republik Indonesia (RI).

Kedua sekolah tersebut, yakni SDN Binaan 004 Tanjungpinang Timur berhasil dinobatkan sebagai penerima penghargaan Sekolah Adiwiyata Mandiri dan SMPN 10 Tanjungpinang sebagai Sekolah Adiwiyata Nasional.

Penghargaan itu diserahkan langsung Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Siti Nurbaya Bakar bersama Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi, Nadiem Makarim, di Gedung Manggala Wanabakti, Jakarta, Selasa (17/10/2023).

SDN 004 Tanjungpinang Timur tidak hanya berhasil mencapai status sekolah Adiwiyata Mandiri, terapi juga masuk dalam 20 sekolah Adiwiyata Mandiri terbaik dari 134 sekolah adiwiyata mandiri di tahun 2023. Mereka menerima piala penghargaan serta hadiah berupa solar panel kit dari KLHK.

Diterimanya penghargaan tersebut, SDN Binaan 004 Tanjungpinang Timur menjadi sekolah Adiwiyata Mandiri pertama di Kota Tanjungpinang sejak ibukota provinsi Kepri ini mengikuti program nasional yang dikenal dengan program Adiwiyata di tahun 2012.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Tanjungpinang, Riono memberikan apresiasi kepada SDN Binaan 004 Tanjungpinang Timur dan SMPN 10 atas pencapaian yang luar biasa, yang tidak hanya membanggakan pemerintah kota Tanjungpinang, tapi juga warga sekolah yang peduli dan berperan aktif menjaga lingkungan.

Ia berharap, prestasi SDN 004 Binaan Tanjungpinang Timur ini dapat menjadi inspirasi dan motivasi bagi sekolah-sekolah lain, sekaligus rujukan bagi sekolah di kota Tanjungpinang khususnya dan Kepri umumnya dalam mengembangkan gerakan perilaku dan berbudaya lingkungan hidup di sekolah.

“Sesungguhnya sekolah memiliki peran yang sangat penting dalam upaya perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup melalui pendekatan perubahan perilaku peserta didik,” kata Riono.

Selain kedua sekolah SD dan SMP Tanjungpinang, SMAN 4 Tanjungpinang juga menerima penghargaan Adiwiyata Nasional dari KLHK.

Sebagai informasi, penghargaan Adiwiyata adalah penghargan yang diberikan oleh Menteri, gubernur, bupati, dan wali kota kepada sekolah yang berhasil melaksanakan gerakan peduli dan berbudaya lingkungan hidup di sekolah (PBLHS).

Terdapat empat tingkatan dalam penghargaan tersebut yaitu Adiwiyata Kota, Adiwiyata Provinsi, Adiwiyata Nasional, dan Adiwiyata Mandiri.***

Editor : Dika

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini