Babinsa Koramil 07/Palmatak Jalin Komsos Dengan Desa Binaan

0
62

Bursakota.co.id, Anambas – Guna mempererat talisilaturahmi dan kerja sama yang baik, Babinsa Koramil 07/Palmatak Serda Saiful Bahri melaksanakan anjangsana atau lebih dikenak dengan silaturahmi melalui komunikasi sosial (Komsos) di Kantor Desa Mubur Kecamatan Siantan Utara, Rabu (23/12/2020).

Pembinaan Komsos merupakan salah satu kemampuan aparat teritorial yang harus dimiliki oleh seorang Babinsa, disamping untuk silaturahmi, seorang Babinsa akan mengetahui perkembangan wilayah binaan terkait kondisi geografis dan sosial masyarakat. Sekaligus untuk mendapatkan data dan fakta sebagai penunjang tugas kewilayahan.

Hal tersebut yang mendorong Serda Saiful Bahri yang menjabat sebagai Babinsa Desa Mubur, Kecamatan Siantan Utara. Ia selalu aktif melaksanakan Komsos di wilayah binaan, baik dengan tokoh agama, tokoh masyarakat, tokoh pemuda maupun dengan pejabat Pemerintahan Desa.

Serda Bahri mengatakan, Komsos dengan perangkat desa secara langsung akan mendapatkan hasil yang lebih efektif, karena hasil pengarahan atau informasi dari Babinsa dapat dipahami secara langsung.

“Sehingga dengan begitu perangkat desa dapat menyebarluaskan informasi yang di terima dari Babinsa kepada warganya. Begitupun sebaliknya, sebagai Babinsa dapat langsung menerima informasi dan mengetahui permasalahan-permasalahan yang hadapi oleh masyarakat desa binaan,” ucapnya.

Ditempat terpisah, Komandan Kodim 0318/Natuna Letkol (Arm) Asep Ridwan, SH, M.Han mengatakan, bahwa Kegiatan tersebut dilakukan Babinsa guna mendukung tugas pokok satuan dan pembinaan wilayah dalam mewujudkan sinergitas dan komunikasi antar Babinsa dengan pemerintah desa binaannya untuk menjaga keutuhan dan kemanunggalan TNI-Rakyat.

Lebih lanjut Dandim menjelaskan, kegiatan ini merupakan kebijakan dan perintah Pangdam 1/BB Mayjen TNI Hasanudin, S.I.P yang disampaikan kepada Danrem 033/WP Brigjen TNI Harnoto, S.Sos, Bahwa Komsos merupakan sarana untuk memudahkan masyarakat dan Babinsa dalam menghadapi masalah yang timbul ditengah-tengah masyarakat.

“Hal ini seiring dengan tugas pokok TNI dalam Operasi Militer Selain Perang (OMSP) yaitu membantu Pemerintah Daerah untuk ikut berpartisipasi dalam perencanaan, penyiapan dan melaksanakan apa yang diinginkan pemerintah sebagai program unggulan mensejahterakan masyarakat dan mencerdaskan kehidupan bangsa,” pungkas Dandim.

Dari Natuna Untuk Indonesia

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here