Bangun Infrastruktur dan Bangun Generasi Muda Cerdas, Wujud Nyata Kemanunggalan TNI di Wilayah Perbatasan 

0
564
Dansatgas TMMD ke 118 Kodim 0318/Natuna, Letkol Inf Morison Chandra Karundeng (tengah), Kades Selemam, Sabirin (kanan) dan Ketua BPD Desa Selemam, Ardi meninjau progres pembangunan jalan dan drainase

Bursakota.co.id, Natuna – Senyum sumringah terpancar dari wajah masyarakat Desa Selemam, pasalnya kini mereka telah memiliki infrastruktur penunjang yang memadai.

Jalan sepanjang 1 Kilo meter, Drainase sepanjang 744 meter, Tanggul penahan tanah (batu miring) sepanjang 156 meter, Rehab Area Masjid, Rehab 4 unit Rumah Tidak Layak Huni dan pengecatan Lapangan Volly Ball Desa Selemam merupakan wujud nyata Kemanunggalan TNI di Desa Selemam.

Progam TNI Manunggal Membangun Desa ini telah dimulai sejak tahun 1980-an dengan sebutan ABRI Masuk Desa (AMD). Program ini semakin dirasakan manfaatnya oleh masyarakat apalagi sebagian besar wilayah Indonesia merupakan daerah pedesaan, sehingga keterlibatan TNI dalam membangun sarana prasarana dan infrastruktur wilayah masih sangat dibutuhkan.

Seiring dengan waktu, pelan namun pasti program TMMD telah menjadi bagian penting dalam membantu pemerintah dalam mempercepat pembangunan, khususnya di daerah-daerah pedesaan dan pelosok tanah air yang sulit dijangkau.

Dengan suksesnya pembangunan di pedesaan akan berdampak pada meningkatnya kesejahteraan rakyat. Hal ini membuat program TMMD menjadi program yang dinanti-nanti oleh seluruh masyarakat Indonesia terutama masyarakat pedesaan yang terisolir.

Sesuai Harapan Masyarakat, Pembangunan Jalan Desa Selemam Permudah Akses

Tampak mulus dan indah, jalan tembus dari Desa Selemam menuju Jalan Batu Sisir Bukit Arai yang juga melewati perkebunan milik warga Selemam

Progam pembangunan sarana dan prasarana jalan di Desa Selemam yang dilaksanakan oleh Satuan Tugas (Satgas) TMMD ke 118 Kodim 0318/Natuna dinilai sangat tepat sasaran serta memenuhi harapan masyarakat.

Pasalnya program ini sangat sesuai dengan keinginan Masyarakat pedesaan yakni membuka keterisolasian Desa Selemam dengan Kota Ranai yang merupakan Ibukota Kabupaten Natuna yang selama ini harus melewati jalan aspal yang sudah usang serta berlobang-lobang.

Selain permudah akses menuju Kota Ranai, jalan tersebut juga menjadi jalan penghubung menuju perkebunan milik masyarakat.

“Kita berharap, melalui TMMD ini mampu membangun kebersamaan serta merekatkan hubungan emosional antara TNI dan masyarakat, disamping membantu membangun akses infrastruktur yang lebih baik untuk membuka keterisolasian Desa Selemam guna meningkatkan taraf hidup masyarakat menjadi lebih sejahtera,” Ungkap Dandim 0318/Natuna, Letkol Inf Morison Chandra Karundeng selaku Dan Satgas TMMD ke 118 Desa Selemam di Lokasi TMMD pada Kamis (12/10/2023).

“Dengan adanya akses jalan yang memadai, maka mobilitas masyarakat akan menjadi jauh lebih mudah. Tentunya hal ini akan mampu mendorong berbagai sektor seperti pendidikan, pertanian dan perekonomian guna menambah kesejahteraan,” papar Dan Satgas.

 

Tak Hanya Infrastruktur, TMMD ke 118 Kodim 0318/Natuna Juga Sasar Dunia Pendidikan

Bentuk generasi muda yang tangguh, jauh dari narkoba dan memiliki rasa kecintaan yang tinggi terhadap tanah air, Satgas TMMD gandeng Polres Natuna dalam penyuluhan bahaya Narkoba

Tak bisa dipungkiri program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) banyak membantu pembangunan infrastruktur untuk daerah tertinggal di wilayah pedalaman.

Program yang banyak campur tangan dari prajurit TNI yang bekerjasama dengan Pemerintah daerah ini tidak hanya dilakukan untuk membantu infrastruktur saja, akan tetapi juga menyasar dunia pendidikan dengan program non fisiknya seperti memberikan penyuluhan wawasan kebangsaan tentang bela negara, penyuluhan bahaya narkoba dan motivasi bagi anak-anak Desa Selemam untuk mengejar cita-cita.

Komandan Satuan Tugas (Dan Satgas) TMMD ke 118 Kodim 0318/Natuna, Letkol Inf Morison Chandra Karundeng menyampaikan, tugas dalam memberikan pemahaman serta membentuk pola pikir yang baik bagi generasi muda adalah tugas bersama.

“Untuk itu pada pelaksanaan TMMD ke 118 di Desa Selemam ini kita fokuskan pada penyuluhan tentang bela negara dan bahaya narkoba dengan harapan anak-anak kita generasi muda penerus bangsa bisa terhindar dari Narkoba serta bisa memahami pentingnya memiliki rasa kecintaan kepada NKRI,” terang Dansatgas di Lokasi TMMD ke 118 di Desa Selemam.

Letkol Inf Morison berharap dengan membekali para generasi muda ilmu dan pengetahuan tentang narkoba dan bela negara para generasi muda mampu menjadi generasi penerus yang memiliki dedikasi dan rasa tanggung jawab yang tinggi terhadap bangsa dan negara.

“Kondisi negera ke depan tergantung bagaimana kita membentuk generasi muda saat ini, untuk itu mari kita bersama-sama saling bahu-membahu membangun generasi muda yang tangguh berjiwa Pancasila dan taat dengan undang-undang dasar 1945,” sebut Letkol Morison.

 

Kades Selemam Ungkap Rehab 4 Unit RTLH Masyarakat Memberikan Efek Domino 

Komandan Satuan Tugas (Dan Satgas) TMMD ke 118 Kodim 0318/Natuna, Letkol Inf Morison Chandra Karundeng memantau progres Rehab 4 unit RTLH di Desa Selemam program TMMD ke 118

Sebagai sesepuh, Kepala Desa Selemam, Sabirin tak bisa menyembunyikan raut kegembiraan dari wajahnya ketika seluruh progres pembangunan TMMD ke 118 di Desanya hampir rampung.

Mewakili masyarakat Desa Selemam, Sabirin menyampaikan ribuan terimakasih kepada jajaran Kodim 0318/Natuna sebagai pelaksana TMMD begitu juga kepada seluruh pihak yang tergabung dalam satuan tugas seperti, Pemerintah Daerah, Polri, Pemerintah Desa dan seluruh masyarakat Desa Selemam yang sudah ikut menyukseskan program ini dari awal pelaksanaan hingga menjelang penutupan.

“Tidak mampu jika ucapan terima kasih ini kami sampaikan dengan kata-kata, terutama bagi para penerima bantuan Rehab Rumah Tidak Layak Huni (RTLH). Kalau dulu rumah mereka bocor sana sini, namun melalui program TMMD ini mereka kini memiliki rumah yang layak,” imbuhnya.

Menurut Sabirin, keberadaan rumah yang layak bagi masyarakatnya tentunya akan memberikan efek domino, pasalnya ketika mereka memiliki rumah yang bagus maka beban pikiran mereka akan berkurang sehingga mereka akan bisa lebih fokus dalam bekerja.

“Kalaulah setiap hari mereka bisa bekerja maka insyaAllah akan terjadi peningkatan perekonomian untuk rumah tangganya sendiri. Apalagi ketika rumah itu bagus maka untuk pergi bekerja pun lebih bersemangat,” imbuhnya.

Sabirin berharap, kegiatan serupa tidak hanya dilaksanakan di desanya saja, namun bisa berkesinambungan ke desa-desa lain di Kabupaten Natuna.

“Wujud nyata yang dilakukan oleh TNI bersama masyarakat ini harus mendapatkan perhatian dari seluruh elemen masyarakat, guna mengejar target pembangunan nasional yang lebih merata di seluruh pelosok negeri,” tutupnya. (Rusdi Handika)

                Dari Natuna Untuk Indonesia 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini