Bentuk Kepedulian Terhadap Sesama, Bupati Anambas Ajak ASN Dukung Pemberian Zakat

0
85
Ket Foto : Bupati Anambas Abdul Haris saat menghadiri kegiatan keteladanan pemimpin dalam berzakat tahun 2024, di Aula Prof M Zein Jl. Raja Haji Fisabilillah, Kecamatan Siantan, Pasir Peti, yang di adakan oleh Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kepulauan Anambas

Bursakota.co.id, Anambas – Bupati Kepulauan Anambas Abdul Haris mengajak Aparatur Sipil Negara (ASN) Pemkab Anambas agar mendukung pemberian zakat yang dikelola oleh Baznas Anambas.

Hal tersebut di utarakannya saat menghadiri kegiatan keteladanan pemimpin dalam berzakat tahun 2024, di Aula Prof M Zein Jl. Raja Haji Fisabilillah, Kecamatan Siantan, Pasir Peti, yang di adakan oleh Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kepulauan Anambas, mengusung Tema ‘Gerakan Cinta Zakat’.

Abdul Haris menyebutkan, dalam Islam zakat merupakan peran penting yang dimiliki dalam kehidupan seorang muslim, sehingga pemberian zakat berkontribusi besar dalam upaya meningkatkan taraf hidup, status sosial dan pendidikan masyarakat kurang mampu.

“Bukan hanya sekedar kewajiban, tapi zakat ini menjadi bukti tanda kasih sayang dan kepedulian kita terhadap sesama yang membutuhkan,” sebut Bupati Kepulauan Anambas Itu dihadapan para pejabat Kepulauan Anambas, Senin (25/03/2024).

“Saya ini lah makna zakat sebenarnya. Sebagai sesama khususnya umat Islam, zakat itu perintah Allah SWT dan pastinya dengan berzakat ada kepuasan batin. Nantinya itu semua akan bermanfaat kembali kepada kita,” tambah Haris.

Dalam kesempatan itu, dirinya juga mengajak dan memotivasi setiap Aparatur Sipil Negara (ASN) Pemkab Anambas agar selalu mendukung pemberian zakat yang dikelola oleh Baznas Anambas, dengan menyisihkan sebagian rezeki atau penghasilan ke dalam zakat, infaq maupun sedekah.

“Harapan saya dengan kegiatan ini dapat memberikan motivasi kepada semua untuk meningkatkan kepedulian dan keteladanan dalam berzakat agar bermanfaat bagi sesama,” Ajak Abdul Haris.

Ketua Baznas Anambas Muksin juga menerangkan, kegiatan gerakan cinta zakat yang ditujukan bagi setiap pemimpin ini diharapkan dapat menjadi contoh dan pedoman bagi setiap bawahan.

Mengingat zakat merupakan perintah dari allah SWT kepada Umat muslim, sehingga dengan di adakan kegiatan ini dapat memberikan contoh yang baik dari pemimpinnya kepada bawahnya.

“Zakat ini suatu kewajiban bagi umat dan itu bukti rasa kepedulian dan berbagi antar sesama,” terangnya.

Lebih lanjut ia mengungkapkan, untuk mekanisme pemberian zakat ASN Pemkab Anambas tahun ini sudah beralih semula dari ketentuan tahun 2023 lalu, yang dimana sistem pemotongan zakat sudah beralih ditangani lansung oleh pihak bank selaku mitra pemerintah.

“Tahun 2023 lalu karena pemberlakuan sistem SPID, bank tak dapat lagi menarik secara lansung, akhirnya setelah kerja sama kembali dan pihak bank bersedia sudah bisa lagi dipotong, tinggal komitmen dari pemberi zakatnya lah,” ungkap Muksin.

Dirinya mengatakan, akibat dari itu penerimaan zakat pada tahun 2023 mengalami penurunan hingga 7-8 persen dari tahun sebelumnya, dengan capaian penerimaan zakat tahun 2023 mencapai dikisaran Rp 1,6 Milyar.

“Jadi target kita itu sebesar sebesar Rp 5 Milyar per tahun, namun kita tidak mencapai target itu,” katanya.

“Jadi dibandingkan tahun 2022 capaian zakat kita sekitar Rp 1,8 Milyar dan turun di tahun 2023,” tambahnya.

Namun demikian Muksi, optimis dengan kembalinya sistem pemberian zakat ASN, Muksin berharap, penerimaan zakat tahun 2024 ini dapat meningkat optimal dari tahun sebelumnya.

“Dengan dukungan kepala daerah dan semua pihak, semoga penerimaan zakat kita tahun ini optimal dan lebih baik lah,” ucapnya.

Pada kesempatan itu, Bupati Anambas yang selanjutnya disusul para pejabat dinas memberikan zakatnya kepada Baznas Anambas untuk disalurkan kepada mustahik.(Bk/Jun).

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini