Berkat Perjuangan Cen Sui Lan, Gedung Kreamatorium Terbesar di Kepri Dibangun Anggaran Rp24 Miliar

0
111
Ket Foto : Cen Sui Lan meninjau pembangunan krematorium terbesar di Kepri, tepatnya di Batu Aji, Kota Batam.

Bursakota.co.id, Batam – Anggota Komisi V DPR RI Fraksi Golkar Dapil Kepri Cen Sui Lan membuat sejarah baru dalam pembangunan krematorium terbesar di Kepri.

Pembangunan ini sekaligus pertama juga dalam sejarah Republik Indonesia (RI), gedung krematorium terbesar di Provinsi Kepri dibangun dengan uang negara mencapai Rp24 miliar.

Sejak pertengahan tahun 2022 lalu, Cen Sui Lan berjuang untuk mendapatkan dana pusat (APBN) guna pembangunan gedung kremasi atau krematorium di Kota Batam, Provinsi Kepri. Perjuangan tersebut dijalani Cen Sui Lan, setelah mendapat aspirasi dari Yayasan Rumah Duka Batu Aji, Kota Batam. Hal itu tak lepas dari sikap peduli dan merakyat seorang sosok Cen Sui Lan yang akrab disapa Aisyah ini.

Perjuangan Cen Sui Lan tak mudah seperti membalikkan telapak tangan, banyak lika liku yang dihadapinya. Lebih dari 1 tahun 6 bulan dia memperjuangkan anggaran untuk pembangunan gedung krematorium Yayasan Rumah Duka Batu Aji, Kota Batam itu. Mulai dari mengurus Readiness Criteria (RC).

Serta mengurus persyaratan administrasi seperti rekomendasi dari Dirjen Bimas Buddha Kementerian Agama RI yang fungsionalnya ada di kementerian tersebut. Hingga menyuarakan di Komisi V DPR RI saat rapat kerja maupun rapat dengar pendapat dengan Ditjen Cipta Karya Kementerian PUPR. Kini, pembangunan krematorium terbesar di Provinsi Kepri tersebut sudah dimulai.

Pembangunan krematorium terbesar di Kepri, tepatnya di Batu Aji, Kota Batam, sudah dimulai. Ditandai dengan ground breaking atau peletakan batu pertama oleh Cen Sui Lan, Sabtu (20/1/2024),

Selain Cen Sui Lan, peletakan batu pertama pembangunan krematorium Yayasan Rumah Duka Batu Aji Kota Batam itu turut dilakukan oleh Rahman Arief Dienaputra Dirjen Bina Konstruksi Kementerian PUPR dan Haripinto Tanuwijaya Anggota DPD RI Perwakilan Kepri, Supriyadi Dirjen Bimas Buddha Kementerian Agama. Serta Irjen Pol Drs Yan Fitri Halimansyah Kapolda Kepri.

Turut serta meletakan batu pertama pembangunan gedung krematorium yang dianggarkan Rp24 miliar lewat BP2W Kepri Ditjen Cipta Karya Kementerian PUPR itu para pejabat tinggi pemerintah pusat lainnya. Di antaranya Cakra Nagara Direktur Bina Penataan Bangunan (BPB) Ditjen Cipta Karya Kementerian PUPR. Fasri Bachmid Kepala BP2W Kepri Ditjen Cipta Karya, Dino Kepala BP2P Kepri-Riau-Sumbar Ditjen Perumahan.

Hadir pula tokoh organisasi nasional yang hadir adalah Prof Phlips Kuncoro Wijaya Ketua Umum DPP Persatuan Umat Buddha Indonesia (Permabudhi), Datok Paulus Amat Tantoso Ketua Umum DPP APVA dan Dewan Pendiri Yayasan Rumah Duka Batu Aji Batam sekaligus Ketua Panitia Peletakan Batu Pertama. Turut serta Randi Tan Ketua PSMTI Provinsi Kepri, Ayong Ketua Dewan Pembina Yayasan Rumah Duka Batu Aji sekaligus owner Cipta Group pengembang terbesar di Batam.

Asmin Patros Anggota DPRD Provinsi Kepri pun turut serta melakukan pelatakan batu pertama pembangunan krematorium terbesar di Kepri tersebut. Serta Hendra Asman Anggota DPRD Kota Batam. Tan Atie Anggota DPRD Kota Batam, Li Khai Anggota DPRD Kota Batam.

Turut berpartisipasi tokoh agama, suku, etnis dan para pengusaha Hengky Suryawan yang juga Ketua Permabudhi Provinsi Kepri. Rudi Tan Ketua Permabudhi Kota Batam. Seluruh ketua organisasi marga Tionghoa se-Kepri juga hadir dalam kegiatan tersebut. Seperti Acun Tan, Among Hartojo, Cintarso.

“Saya hari ini berbahagia dan senang sekali. Selama 1 setengah tahun lebih memperjuangkan anggaran pembangunan gedung krematorium Yayasan Rumah Duka Batu Aji Batam ini. Mulai dari mengurus RC, persyaratan administrasi, sampai dengan menyampaikannya di setiap RDP maupun Raker di Komisi V,” ujar Cen Sui Lan saat menyampaikan sambutan pada saat seremoni peletakan batu pertama pembangunan krematorium Yayasan Rumah Duka Batu Aji Batam.

“Mengenai pembangunan sarana prasarana ini ada di Kementerian PUPR, yang menjadi mitra Komisi V DPR RI. Bersyukur, saya sebagai Anggota Komisi V DPR RI mempunyai kewenangan itu,” sambungnya.

“Alhamdulillah, sudah dimulai direalisasikan pembangunan gedung krematorium terbesar dan pertama kali dalam sejarah Republik Indonesia. Ini bukti dan sejarah, Negara hadir untuk pembangunan gedung krematorium,”ujarnya.

Cen Sui Lan juga bersyukur, dengan kehadiran para pejabat tinggi Negara serta Kapolda Kepri, pada saat ground breaking pembangunan krematorium terbesar di Kepri tersebut.

“Saya merasa puas dan bangga bisa memberikan kontribusi nyata dan bersama membangun umat, daerah, bangsa dan Negara tercinta, Saya mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang berpartisipasi dan menghadiri peristiwa bersejarah ini,” pungkas Cen Sui Lan legislator partai Golkar sekaligus peraih penghargaan Golkar Media Awards 2023 Kategori Konten Terbaik.

Editor : Dika

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini