Bupati Anambas Abdul Haris Menjadi Inspektur Upacara HUT RI Ke-77

0
114
Bupati Anambas Abdul Haris menjadi inspektur upacara peringatan HUT RI ke,-77 (Foto Istimewa)

Bursakota.co.id, Anambas – Bupati Kepulauan Anambas Abdul Haris bertindak sebagai Inspektur Upacara pada Upacara Bendera Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Ke 77 Kemerdekaan RI Tingkat Kabupaten Kepulauan Anambas tahun 2022.

Upacara Peringatan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia ke 77 tahun, yang diikuti oleh seluruh unsur Pemerintah Daerah Kabupaten Kepulauan anambas mulai dari Eksekutif, Legislatif dan Yudikatif bahkan organisasi non pemerintahan dengan mengusung tema Pulih lebih cepat bangkit lebih kuat tersebut berlangsung di halaman kantor bupati Pasir, Rabu (17/08/2022).

Adapun yang bertindak sebagai petugas upacara, diantaranya Komandan Upacara, Letda aziz, Perwira Upacara, Letda Bima Susanto dan peserta upacara yang terdiri Pleton I yaitu Tni, Polri, Pleton II, Satpol pp, Damkar kemudian Pleton III Asn, Pleton IV Siswa siswi SMA dan Pleton V Pramuka.

Bupati kepulauan Anambas yang sekaligus menjadi Inspektur Upacara dalam kegiatan ini, Abdul Haris mengungkapkan, tepat pada tanggal 17 Agustus 1945 adalah Hari Kemerdekaan Bangsa Indonesia. Hal ini tidak lepas dari Perjuangan Bangsa Indonesia untuk Memproklamirkan Kemerdekaan Bangsa. Proklamasi KemerdekaanIndonesia dilakukan pada hari Jumat tanggal 17 Agustus 1945 yang dibacakan langsung oleh Bapak Proklamator Indonesia atau Presiden Pertama Indonesia yaitu Ir.Soekarno didampingi oleh Drs. Moh. Hatta bertempat di sebuah rumah kecil tepatnya di Jalan Pegangsaan Timur 56, Jakarta Pusat.

“Tanggal tersebut merupakan titik balik dari sejarah kemerdekaan Indonesia yang cukup panjang, dimana sebelumnya penduduk tanah air sempat dijajah selama bertahun tahun. Sebelum proklamasi terjadi, terdapat banyak peristiwa penting yang melatarbelakanginya,” ungkapnya saat membacakan pidato Gubenur Kepri.

Dirinya juga menyampaikan, Pada hari ini kita semua memperingati Hari Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-77 sebagai wujud refleksi perjuangan dan bagian bersejarah dalam eksistensi Negara Republik Indonesia yang tidak terlepas dari perjuangan-perjuangan para pendiri bangsa.

“Sebagaimana yang telah disampaikan oleh Ir.Soekarno bahwa, Bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai jasa para pahlawannya,” ucap Bupati Kepulauan Anambas.

Dikesempatan itu, Bupati Kepulauan Anambas menyebutkan, diperingatan Hari Kemerdekaan ini juga kita patut bersyukur, karena berbeda dengan dua tahun sebelumnya yang dihadapkan oleh peristiwa kecemasan sosial hingga tekanan ekonomi yang berat dengan berkembangnya kasus Covid-19 yang cukup tinggi, sehingga mengharuskan adanya pembatasan- pembatasan sosial sebagai upaya bersama dalam menangani tantangan tersebut. Namun tantangan tersebut dapat dikendalikan sampai saat ini.

“Sesuai data Infografis Perkembangan Covid-19 di Provinsi Kepulauan Riau per tanggal 13 Agustus 2022, kasus aktif sebanyak 105 orang yang sudah jauh menurun dari data puncak tertinggi per tanggal 18 Juli 2021 sebanyak 928 orang,” tuturnya.

Abdul Haris juga menjelaskan, hal ini tidak membuat lengah bagi perintah Provinsi/Kota dan kabupaten dalam menekan perkembangan Covid-19 di Provinsi Kepulauan Riau yang sejalan dengan mandat Presiden Republik Indonesia, Ir. H. Joko Widodo yaitu Vaksinasi secepat mungkin untuk melindungi masyarakat Indonesia dari COVID-19. Dimana vaksinasi Covid-19 di Provinsi Kepulauan Riau sudah mencapai Dosis I 98,59%, Dosis II 85,16% dan Dosis III (Booster) 51,06%.

“Hal tersebut sudah di atas target vaksinasi rata-rata nasional yaitu sebesar 70% untuk dosis I dan II, serta 50% untuk dosis III (Booster),” jelasnya.

Kemudian, ia juga menyampaikan apresiasi dari Gubenur Kepri yang tiada terhingga kepada semua pihak yang terlibat dalam seluruh rangkaian kegiatan bulan kemerdekaan, yang mana kemerdekaan bukan tanda untuk berhenti berjuang, tapi tanda untuk berjuang lebih keras, tidak ada perjuangan dan kerja keras yang tidak menghasilkan apa-apa.

“Langkah kita hari ini sudah semakin serentak, laju kita sudah semakin cepat. Namun, kita belum sampai di garis akhir. Maka, tidak ada alasan untuk berhenti bergerak meski sejenak. Ke depannya, masih akan ada angin yang kencang dan ombak yang jauh lebih besar, serta rintangan yang jauh lebih tinggi dan kita akan terus bersama-sama dalam berkontribusi untuk menghadapi tantangan- tantangan global sebagai perwujudan harapan untuk bersama “Pulih Lebih Cepat, Bangkit Lebih Kuat” sebagai cerminan rasa optimis, dinamis, bersinergi, tegas dan lugas,” ucap Gubenur Kepri melalui pidatonya yang dibacakan oleh Bupati Kepulauan Anambas, Abdul Haris.(Bk/Jun).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here