Cen Sui Lan Resmikan Jalan Nusantara City Sei Jang Tanjungpinang

0
50
Ket Foto : Anggota Komisi V DPR RI Fraksi Golkar Dapil Kepri Cen Sui Lan, meresmikan pengaspalan Jalan Nusantara City 1 dan Jalan Nusantara City 2 di RT005/RW011, Kelurahan Sei Jang, Kecamatan Bukit Bestari, Kota Tanjungpinang, Minggu (28/1/2024).

Bursakota.co.id, Tanjungpinang – Anggota Komisi V DPR RI Fraksi Golkar Dapil Kepri Cen Sui Lan, meresmikan pengaspalan Jalan Nusantara City 1 dan Jalan Nusantara City 2 di RT005/RW011, Kelurahan Sei Jang, Kecamatan Bukit Bestari, Kota Tanjungpinang, Minggu (28/1/2024).

Peresmian jalan Nusantara City ini, mantan Wali Kota Tanjungpinang Hj Rahma menitikkan air mata (menangis), tatkala itu mengenang perjuangannya untuk Tanjungpinang bersama Cen Sui Lan.

Peresmian Jalan Nusantara City 1 dan Jalan Nusantara City 2 ini dilaksanakan dalam kegiatan syukuran dan pesta rakyat, ditandai dengan pengguntingan pita oleh Cen Sui Lan.

Turut mendampingi Hj Rahma mantan Wali Kota Tanjungpinang, Rudy Chua Anggota DPRD Provinsi Kepri, Hendra Saputra PPK BPJN Kepri Ditjen Bina Marga Kementerian PUPR. Serta Reni Yang Anggota DPRD Kota Tanjungpinang, Aziz Kasim Joe tokoh masyarakat Tanjungpinang serta perangkat RT dan RW setempat.

Pesta rakyat tersebut sebagai bentuk rasa syukur kepada Allah SWT, Tuhan Yang Maha Kuasa. Dalam kegiatan syukuran peresmian Jalan Nusantara City di Sei Jang ini, rombongan Cen Sui Lan disambut dengan beberapa tarian daerah Nusantara, sebagai wujud penghormatan masyarakat atas terealisasinya pembangunan dan pengaspalan Jalan Nusantara City.

Sebab, masyarakat di kawasan Jalan Nusantara City ini, sudah lama berjuang untuk mengaspal jalan tersebut. Namun, baru terwujud pada tahun 2023. Selain itu, syukuran juga dihibur dengan penampilan grup Kesenian Hadroh dari BKMT setempat.

Cen Sui Lan dan mantan Wali Kota Tanjungpinang masa bakti 2018-2023 Hj Rahma diberikan sekapur sirih. Ratusan masyarakat di kawasan Jalan Nusantara City hadir dalam pesta rakyat tersebut. Kegiatan syukuran ini, pendanaannya berasal dari iuran masyarakat yang selalu kompak, bahagia dan penuh suka cita.

“Setelah Jalan Kampung Nusantara 1 dan Jalan Kampung Nusantara 2 diaspal, maka kawasan daerah ini bukan Kampung lagi. Sejak diaspal, sekarang diberikan dan berubah menjadi kawasan Nusantara City. Maka, namanya Jalan Nusantara City,” kata Aziz Kasim Joe tokoh masyarakat Tanjungpinang di depan Cen Sui Lan dan Hj Rahma ketika menyampaikan sambutan.

Aziz Kasim Joe bersama Adrianus Ketua RT setempat sekaligus Ketua Perjuangan Masyarakat Nusantara City tersebut bercerita, bagaimana dulunya masyarakat di kawasan tersebut, berpuluh tahun menghadapi penderitaan mengenai kondisi jalan berlumpur dan becek. Kini, jalan Nusantara City 1 dan Jalan Nusantara 2 di Sei Jang, sudah mulus dan beraspal.

Ketua panitia syukuran, Rumanus menyampaikan, kegiatan ini dilakukan sebagai salah satu bentuk rasa syukur. Karena sudah puluhan tahun, baru pada tahun 2023 dilakukan pembangunan. Dan, warga bisa merasakan jalan aspal yang sudah bagus pada awal tahun 2024 ini.

“Panjangnya sekitar 2 kilometer jalan yang dibangun, dan sudah bagus. Untuk itu, kita melakukan syukuran sekaligus mengundang Ibu Cen Sui Lan dan Ibu Rahma,” ujarnya.

Cen Sui Lan Anggota Komisi V DPR RI sangat terharu dan bahagia melihat bentuk rasa syukur masyarakat kawasan Jalan Nusantara City. Karena, kegiatan peresmian jalan Nusantara City dan pesta rakyat ini, dananya berasal dari iuran swadaya masyarakat.

Bahkan, pesta rakyat dan syukuran ini menyembelih 2 ekor sapi, di tempat penyembelihan hewan. Kemudian, masyarakat kawasan Jalan Nusantara yang langsung memasaknya.

Cen Sui Lan menceritakan, pembangunan jalan ini bisa terbangun berdasarkan pengajuan Wali Kota Tanjungpinang, saat itu dijabat oleh Hj Rahma.

“Waktu itu Bu Rahma ketemu saya. Dan butuh rekom sebagai salah satu syarat agar proses rencana pembangunan bisa terealisasi. Dan akhirnya sekarang sudah selesai,” ujar Cen Sui yang juga Ketua Dewan Pembina Persatuan Islam Tionghoa Indonesia (PITI) Provinsi Kepri.

Cen Sui Lan berharap, agar jalan yang sudah dibangun dengan anggaran Rp20 miliar ini bisa dimanfaatkan oleh masyarakat.

Hj Rahma mantan Wali Kota Tanjungpinang masa bakti 2018-2023 menangis saat menyampaikan sambutan.

Baginya, cukup besar dan luar biasa perjuangan untuk merealisasikan pembangunan Jalan Nusantara I dan Jalan Nusantara 2 ini. Serta perjuangan untuk merealisasikan peningkatan Jalan Panglima Dompak, Jalan Sri Andana, dan 8 ruas jalan lainnya.

“Semua itu lewat Bu Cen Sui Lan, baru bisa direalisasikan. Bu Cen Sui Lan, hanya Allah, Tuhan Yang Kuasa yang bisa membalas jasa-jasa Ibu untuk masyarakat Kota Tanjungpinang,” ucap Hj Rahma.

Hj Rahma Wali Kota Tanjungpinang periode (2018-2023) menyampaikan sambutan sambil menitikkan air (menangis) mengenang perjuangan pembangunan Jalan Nusantara City Sei Jang, Bukit Bestari, Kota Tanjungpinang bersama Cen Sui Lan.

Rahma juga menjelaskan, banyak pembangunan Kota Tanjungpinang, seperti pembangunan Pasar Baru yang sekarang berdiri megah, juga berkat Cen Sui Lan. Menurut Rahma, dirinya pergi ke Jakarta, bolak-balik ke Kementerian Perdagangan dan Kementerian PUPR, tak ada hasilnya. Bahwa berdasarkan dokumen, upaya itu dilakukan sejak 2013.

“Tahun 2022, saya dipertemukan dengan Bu Cen Sui Lan. Sebelumnya, saya bolak-balik datang ke kementerian. Alhamdulillah berkat bantuan Cen Sui Lan, maka Jalan Nusantara tidak becek lagi ketika hujan. Kemudian, barulah Pasar Baru bisa terealisasi. Begitu juga dengan jalan-jalan di Kota Tanjungpinang lainnya,” sebut Hj Rahma yang menitikkan air mata.

Editor : Dika

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini