Danlanal Ranai Pimpin Upacara HUT TNI AL Ke 76

0
10
Komandan Lanal Ranai Kolonel Laut (P) Dofir memimpin upacara peringatan HUT TNI AL ke 76 di Mako Lanal Ranai (foto istimewa)

Bursakota.co.id, Natuna – Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Ranai menggelar upacara peringatan HUT TNI Angkatan Laut jatuh pada hari Jum’at 10 September 2021 dilaksanakan secara sederhana di tengah masa pandemi Covid – 19 bertempat lapangan apel Mako Lanal Ranai Jln. Yos Soedarso No. 1 Kelurahan Batu Hitam Kecamatan Bunguran Timur Kabupaten Natuna Provinsi Kepri, pada Jum’at pagi (10/09/21).

Upacara di pimpin langsung oleh Komandan Lanal Ranai Kolonel Laut (P) Dofir dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat, jumlah peserta upacara pun di batasi termasuk pasukan upacara dan petugas upacara.

Dalam sambutan Kepala Staf Angkatan Laut Laksamana TNI Yudo Margono, S.E., M.M yang di bacakan oleh Komandan Lanal Ranai Kolonel Laut (P) Dofir mengatakan, Peringatan Hari Ulang Tahun TNI Angkatan Laut pada setiap tanggal 10 September merupakan sebuah penghayatan akan perjalanan panjang dari sejarah pengabdian TNI Angkatan Laut kepada Bangsa dan Negara.

TNI Angkatan Laut lahir dan berkembang mengikuti dinamika perubahan zaman untuk mengawal kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia. Kendati di tahun 2021 ini kita masih dalam suasana pandemi Covid – 19, namun jiwa dan semangat kita sebagai prajurit Jalasena tetap berkobar penuh keyakinan diri menyongsong masa depan yang jauh lebih baik.

Lebih lanjut Kasal menyampaikan, sebagai bagian dari komponen utama pertahanan negara, TNI Angkata Laut akan senantiasa mendukung setiap kebijakan pemerintah dalam menghadapi tantangan nyata saat ini. Tanpa mengurangi pelaksanaan tugas poko sebagai garda utama pertahanan negara di laut, TNI Angkatan Laut juga berperan aktif mendukung prioritas pemerintah dalam penanggulangan Covid – 19 dan pemulihan ekonomi nasional.

Oleh sebab itu, pada peringatan Hari Jadi Ke – 76 TNI Angkatan Laut Tahun 2021, TNI Angkatan Laut mengangkat tema.” Dengan Semangat Jalesveva Jayamahe TNI Angkatan Laut Siap Mewujudkan Indonesia Tangguh, Indonesia Tumbuh”

Beberapa penekanan Kepala Staf Angkatan Laut untuk dipedomani dalam dalam melaksanakan tugas yaitu :

Pertama, perteguh keimanan dan ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa sebagai

Kedua, Pegang teguh Sapta Marga, Sumpah Prajurit, Delapan Wajib TNI dan Trisila TNI Angkatan Laut, Nafas hidup prajurit Jalasena berjiwa Patriot.

Ketiga, Tingkatkan Kesiapan dan kesiapsiagaan satuan di jajaran armada, pasukan Marinir, Wing Udara dan Pangkalan untuk setiap saat dikerahkan melaksanakan tugas-tugas negara.

Keempat, perjuangkan kejayaan TNI Angkatan Laut dengan tekad yang bulat, semangat dan kegigihan dalam melaksanakan setiap tugas dan tanggung jawab yang diemban.

Kelima, jaga Sinergitas dan Solidaritas internal TNI Angkatan Laut, TNI-POLRI serta dengan masyarakat selaras dengan semangat kekeluargaan dan persatuan bangsa.

Usai kegiatan upacara di lanjutkan dengan syukuran Pemotongan Tumpeng dan ramah tamah serta pembagian hadiah kepada Satker-satker yang kinerjanya baik juga pembagian hadiah kepada prajurit yang mendapatkan nilai terbaik saat latihan menembak.

Acara syukuran di hadiri oleh Ketua Jalasenastri Cabang 8 Korcab IV Daerah Jalasenastri Armada I Ny. Firliya Dofir beserta seluruh pengurus Jalasenastri Cabang 8 Korcab IV DJA I.***(dika)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here