Distan Natuna Akan Salurkan 10 Ribu Bibit Cengkeh Untuk Poktan

0
188
Bibit Cengkeh yang siap disalurkan ke kelompok Tani (foto istimewa)

Bursakota.co.id, Natuna – Dinas Pertanian dan Perkebunan (Distan) Kabupaten Natuna akan menyalurkan 10 ribu bibit cengkeh untuk Kelompok Tani (Poktan) yang telah mengajukan proposal.

Pengadaan bibit cengkeh ini telah lama diusulkan atas permintaan dari petani, namun kegiatan ini terpaksa dipending karena terbentur dengan penanganan pandemi Covid-19.

Hal ini dibenarkan oleh Kabid Perkebunan Distan Natuna, Muharta Windra mengatakan, mengatakan dalam waktu dekat ini dinas pertanian akan menyalurkan bantuan bibit cengkeh sebanyak 10 ribu untuk Poktan yang telah mengajukan proposal.

“Untuk tahap awal penyaluran bibit cengkeh ini akan kita prioritaskan untuk kelompok tani yang telah mengajukan proposal salah satunya kelompok tani Kelarik, ini akan kita utamakan dulu tetapi tidak tutup kemungkinan akan disalurkan juga untuk petani-petani lainnya, namun peruntukan awalnya untuk kelompok tani yang sudah mengajukan proposal,”terang Muharta, Rabu (08/09) melalui sambungan telepon.

Selain itu, Muharta juga menjelaskan sistem penyaluran bibit cengkeh ini akan disalurkan melalui kelompok tani bukan perindividu.

“Sistem penyaluran bibit cengkeh ini melalui kelompok tani, karena setiap bantuan yang disalurkan oleh dinas pertanian memang harus melalui kelompok tani dan lewat proposal bukan perindividu,” terangnya.

Ia juga menegaskan, penyaluran bibit cengkeh ini selain di salurkan secara gratis juga tidak di pungut Pajak Pertambahan Nilai (PPN).

“Penyalurannya selain gratis juga terhindar dari pajak PPN hanya PPh aja yang akan kita bayar,” tegasnya.***(dodi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here