Hilang Kontak 2 Hari Nelayan Kalimantan Barat Ditemukan Selamat

0
8

Bursakota.co.id, Natuna – Sempat hilang kontak selama dua hari, kapal ikan asal Pemangkat, Kalimantan Barat, yang berisi dua orang nelayan akhirnya ditemukan di perairan Muri, Kabupatan Natuna, Kepulauan Riau (Kepri) dalam keadaan selamat.

Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan (KPP/Basarnas) Natuna, Mexianus Bekabel mengatakan pihaknya mendapatkan informasi terkait dari warga dimana satu unit kapal ikan bernama Kapal Motor (KM) Laut Makmur enam yang hilang kontak selama dua hari.

Kapal itu diketahui melakukan perjalan dari Perairan Pulau Muri, Kabupaten Natuna ke Pemangkat, Kalimantan Barat, namun dikarena mati mesin kapal terpaksa berlabuh ditengah laut dan naasnya alat komunikasinya tidak bisa digunakan, diduga akibat rentang jarak yang jauh.

“Informasi yang kami dapat kapal berangkat pada Jumat (18/11) dan diperkirakan sampai ke Pemangkat pada (19/11) namun hingga (21/11) belum tiba dan tidak bisa dihubungi,” ucapnya melalui telfon. Selasa (22/11).

Mendapati hal itu, pemilik kapal Cik Nata mengerahkan satu unit kapal untuk melakukan pencarian. Sebelumnya Cik Nata meminta personel Pos SAR Sintete untuk membantu memantau dan menyebarkan informasi.

kemudian Pos Sar Sintete langsung berkomunikasi dengan personel KKP Natuna agar membantu memantau mengingat lokasi kejadian berada di wilayah Natuna.

“Hasil pemantauan dan koordinasi pukul 18.10 WIB, kapal pencari sudah dapat berkomunikasi dengan Kapal hilang kontak, kapal masih berada di perairan Pulau Muri. Kondisi nelayan selamat, Kapal masih mengalami kerusakan Mesin (Trouble Engine), saat ini lego jangkar di Koordinat 1° 36’ N-108° 41’ E, Jarak 30 Nm dari pemangkat,” ujarnya.

Atas peristiwa itu KKP Natuna mengimbau kepada seluruh pemilik moda transportasi laut agar selalu melakukan pengecekkan kondisi kapal, melengkapi peralatan keselamatan dan navigasi serta selalu memantau cuaca, untuk menghindari peristiwa yang tidak diinginkan.

“Kapal beserta awaknya sudah tiba di pelabuhan pemangkat . Kondisi gelombang saat evakuasi sekitar 0.5-1.25, Kecepatan angin 6-15 disertai hujan ringan,” pungkasnya.(Bk/Dodi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here