KPID Sumbar Dorong Pemko Payakumbuh Bentuk Lembaga Penyiaran Publik Lokal

0
84
Foto : Sekdako Payakumbuh Rida Ananda saat menerima audiensi dari KPID Provinsi Sumbar, Rabu (7/2/2024).

Bursakota.co.id, Payakumbuh – Komisi Penyiaran Indonesia Daerah (KPID) Provinsi Sumatra Barat mendorong Pemerintah Kota (Pemko) Payakumbuh untuk membentuk Lembaga Penyiaran Publik Lokal (LPPL).

“Hari ini kami menerima audiensi dari KPID Sumbar dan membahas sejumlah program-program positif untuk kemajuan daerah salah satunya tentang LPPL,” kata Sekretaris Daerah Kota (Sekdako) Payakumbuh Rida Ananda saat menerima audiensi dari KPID Provinsi Sumatra Barat, Rabu (7/2/2024).

Ia menjelaskan bahwa hasil dari diskusi dengan KPID Sumbar akan ditindaklanjuti dan dilaporkan kepada Pj Wali kota Payakumbuh.

“InsyaAllah jika hal-hal positif untuk kemajuan daerah tentu akan kita dukung sepenuhnya dan untuk LPPL ini tentu harus kita lahirkan dulu peraturannya. Ini akan kita sampaikan kepada pimpinan,” ucap Rida.

Saat ini sangat dibutuhkan sosialisasi dan edukasi bagi masyarakat terkait konten penyiaran yang layak untuk ditonton oleh anak serta generasi muda.

“Hal ini agar anak kita, generasi muda kita tidak mendapatkan dampak negatif dari konten-konten penyiaran yang seharusnya belum layak untuk ditontonnya,” tutur Sekdako Payakumbuh itu.

Sementara itu, Ketua KPID Provinsi Sumatra Barat Robert Cenedy mengatakan, saat ini Pemerintah Daerah (Pemda) membutuhkan LPPL untuk bisa menjadi penyeimbang informasi di tengah masyarakat.

“Kita tidak dapat memungkiri bahwa saat ini banyak kesalahan informasi yang sampai ke masyarakat kita. Untuk itu Pemda membutuhkan LPPL ini,” tutur Robert Cenedy didampingi Korbid PKSP Dasrul.

Ia sebut untuk saat ini sejumlah daerah di Provinsi Sumatra Barat sudah memiliki LPPL dan pihaknya mendorong Pemko Payakumbuh untuk juga memiliki LPPL.

“Seluruh informasi terkait pemerintahan dapat disampaikan di LPPL yang dimiliki Pemda. Sehingga segala informasi dapat tersampaikan kepada masyarakat,” jelas Ketua KPID Provinsi Sumbar itu.

Selanjutnya LPPL dapat mengakomodir generasi muda kreatif yang berminat dibidang penyiaran, baik di jasa penyiaran televisi maupun di radio.

“Kita mendorong untuk Kota Payakumbuh dapat membentuk LPPL jasa penyiaran televisi karena belum ada di Sumbar. Semoga Kota Payakumbuh menjadi yang pertama, kita siap mendukung ini,” pungkasnya. (Warman/Humas)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini