Kunjungan Muhibbah Ramadhan, Bupati Natuna Sambangi Warga di Pulau-pulau

0
146
Bupati Natuna Wan Siswandi disambut warga saat menghadiri kunjungan muhibbah Ramadhan di desa Sabang Mawang (Foto Istimewa)

Natuna – Bupati Natuna, Wan Siswandi, melaksanakan kunjungan ke Kecamatan Pulau Tiga dan Pulau Tiga Barat, pada Minggu (10/04/2022) petang.

Kunjungan yang dilaksanakan diawal bulan suci Ramadhan 1443 Hijriyah tersebut, dalam rangka menghadiri acara Muhibbah Ramadhan yang diadakan oleh masyarakat dari Kecamatan Pulau Tiga dan Kecamatan Pulau Tiga Barat, yang berlangsung di Desa Sabang Mawang.

Dalam kunjungannya Wan Siswandi didampingi oleh Sekda Natuna, Boy Wijanarko Varianto, dan sejumlah pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dilingkungan Pemerintah Daerah Kabupaten Natuna.

Dalam kesempatan itu, Bupati tampak berbaur dengan masyarakat dari dua Kecamatan tersebut, untuk mempererat tali silahturahmi dan saling bertukar pendapat, antara Kepala Daerah dengan rakyatnya.

Muhibbah Ramadhan merupakan tradisi turun-temurun yang dilakukan oleh masyarakat Kecamatan Pulau dan Pulau Tiga Barat, yang sudah ada sejak zaman dahulu kala. Mereka saling kunjung-mengunjungi dari satu Desa ke Desa lainnya, atau dari jamaah Masjid satu ke Masjid yang lainnya.

Rombongan Bupati Natuna dan OPD ketika menyeberangi lautan untuk menghadiri kunjungan muhibbah Ramadhan di Desa Sabang Mawang

“Tradisi ini harus dijaga sampai ke anak cucu, karena ini juga merupakan sebuah tradisi atau adat istiadat kita sebagai masyarakat melayu, yang selalu menjaga tali silahturahmi. Terutama disaat bulan suci Ramadhan seperti saat ini,” tutur Wan Siswandi.

Muhibbah Ramadhan kali ini akan terlaksana di 11 Masjid dan 2 Surau (Mushola) yang ada di kedua Kecamatan yang terletak disebelah selatan Pulau Bunguran Besar tersebut.

Dalam kegiatan itu, nampak Wan Siswandi dan para pejabat teras Pemerintah Daerah Kabupaten Natuna, berbaur dengan masyarakat, sebelum akhirnya melaksanakan ibadah Sholat Magrib bejamaah di Masjid Al-Bayan Desa Sabang Mawang, Kecamatan Pulau Tiga.

“Ini sangat luar biasa, kita bisa bersama-sama masyarakat untuk saling kunjung-mengunjungi. Semoga kerukunan serta silahturahmi ini selalu terjalin. Dan kami Pemerintah Daerah Natuna juga melakukan hal yang sama, melalui Safari Ramadhan,” ucap Wan Siswandi.

Usai sholat Magrib berjamaah, kegiatan dilanjutkan dengan bincang santai dengan masyarakat, kemudian dilanjutkan dengan Sholat Isya’ dan Tarawih berjamaah.

Bupati Natuna Wan Siswandi menyampaikan sambutan dalam kunjungan Muhibbah Ramadhan di Desa Sabang Mawang

Ketua mesjid Al-Hikmah Tanjung Kumbik, Raja Marzuni, dalam sambutannya menyampaikan bahwa kegiatan muhibah Ramadhan menjadi agenda rutin yang di nanti untuk menyambung silaturahmi antar umat muslim di kecamatan Pulau Tiga.

“Pada malam ini saya mewakili seluruh Khafilah mengucapkan terimakasih kepada tuan rumah yang telah memberikan sambutan yang luar biasa, semoga ini menjadi berkah bagi kita semua yang hadir,”ujarnya.

Lanjut Marzuni, kegiatan Muhibah Ramadhan hanya dilakukan di kecamatan Pulau Tiga selama 16 hari berturut turut .

“Ini telah menjadi warisan dari turun murun sejak 70 tahun lalu. Muhibah ini hanya ada di kecamatan Pulau Tiga, dan ini menjadi tradisi yang harus terus kita jaga untuk menjaga silaturahmi” jelas Raja Marzuni. ***(Advetorial)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here