Lanal Tarempa Gelar Pelatihan Ketahanan Pangan Masyarakat Pesisir

0
39
Foto bersama Komandan Lanal Tarempa bersama para peserta pelatihan

Bursakota.co.id, Anambas – Lanal Tarempa melalui bidang potensi maritim menyelenggarakan pelatihan ketahanan pangan tentang budidaya ikan kerapu menggunakan keramba jaring tancap (KJT), kepada masyarakat pesisir.

 

Pelatihan di gelar di Kampung Bahari Nusantara (KBN) dengan melibatkan dua Desa yakni Desa Batu Belah dan Desa Temburun, Kecamatan Siantan Timur, Kabupaten Kepulauan Anambas, pada Jum’at (29/10/2021).

 

Didampingi Kepala Desa Binaan KBN Desa Batu Belah, Komandan Pangkalan TNI Angkatan Laut Tarempa Letkol Laut (P) Yovan Ardhianto Yusuf, S.E., M.Tr. Opsla membuka secara resmi pelatihan ketahanan pangan masyarakat pesisir.

 

Giat juga dihadiri oleh tenaga ahli sebagai Narasumber, diantaranya Arcan Iskandar S.pi, Kepala bidang pengelolaan TPI dan Kelayakan Usaha, Nur Alam S. Kel. Plt Kepala Bidang Pembudidayaan Ikan. Juga turut hadir para perangkat Desa serta masyarakat Desa Temburun Dan KBN Desa Batu Belah.

 

Dalam sambutannya, Letkol laut (P) Yovan Ardhianto Yusuf menjelaskan, sasaran kegiatan yang akan dilakukan adalah sasaran non fisik berupa pelatihan sebagai upaya dalam meningkatkan pemahaman masyarakat terhadap pentingnya memanfaatkan waktu dan lahan yang banyak tersedia untuk melakukan hal-hal yang produktif guna membantu tersedianya pangan tanpa ketergantungan dari daerah lain.

 

“Melalui penyelengaraan Pelatihan Ketahanan Pangan Masyarakat Pesisir Tahun Anggaran 2021 TNI Angkatan Laut dalam hal ini Lanal Tarempa turut berperan aktif membina Masyarakat Pesisir dalam rangka meningkatkan kualitas dan kemampuan mengelola serta mengolah potensi maritim khususnya di bidang pangan guna mendukung program pemerintah daerah dalam meningkatkan ketahanan pangan nasional,” Jelas Letkol Yovan.

 

Lanjut Letkol Yovan, kegiatan ini juga sekaligus memberikan bibit ikan kerapu gratis kepada kelompok Nelayan yang mengikuti kegiatan ini sebagai modal awal untuk di budidaya dalam kerambah tancap yang juga telah diberikan secara gratis dalam program Karya Bhakti TNI Angkatan Laut.

 

“Kegiatan ini juga diharapkan dapat dilaksanakan oleh masyarakat sebagai alternatif kegiatan sampingan pada saat musim utara, dimana cuaca berubah menjadi ekstrim di wilayah tertentu di perairan Kabupaten Kepulauan Anambas sehingga sangat cocok dan memungkinkan untuk dikembangkan sehingga akan berdampak terhadap ketahanan pangan nasional yang kuat dan melalui kegiatan ketahanan pangan tersebut akan tercapai kemanunggalan TNI dan komponen masyarakat untuk memenuhi kebutuhan pangan di daerah”, harapnya.

 

Selain itu, Letkol Yovan juga menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan wujud kegiatan pembinaan potensi maritim (BINPOTMAR) TNI Angkatan Laut di wilayah kerja Lanal Tarempa dalam upaya mencapai Klaster Ekonomi Kampung Bahari Nusantara dengan memacu pemanfaatan potensi maritim guna memperkuat ketahanan pangan di wilayah kerja Lanal Tarempa khusunya di Desa Binaan dengan menghadirkan beberapa Nara sumber yang berkompeten di bidang perikanan dan kelautan.

 

Kegiatan ini juga menghadirkan Dodo, salah satu pelaku usaha sejenis yang telah sukses menjalankan pembudidayaan ikan Kerapu, hadirnya Dodo bertujuan untuk memberikan motivasi dan pembelajaran secara langsung kepada kelompok nelayan yang mengikuti giat tersebut. (Jun)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here