Lantik 32 Penghulu, Bupati Alfedri Ingatkan Penghulu Rangkul Seluruh Komponen dan Tetap Kompak

0
23
Ket Foto : Bupati Siak Alfedri melantik 32 penghulu serentak se-kabupaten Siak, di Sport Hall, kota Siak, rabu (12/27/2023).

Bursakota.co.id, Siak – Bupati Siak Alfedri mengingatkan penghulu yang baru dilantik selalu merangkul seluruh komponen masyarakat jaga kekompakan sehingga dalam tugas mampu menjaga hubungan harmonis kepada semua perangkat kampung Bapepam, tokoh masyarakat dan LPM.

“Saya ingatkan penghulu yang dilantik rangkul seluruh komponen masyarakat dan jaga kekompakan. Tidak ada lagi, ini pendukung, ini tidak pendukung. Penghulu tegak dan berdiri di semua lapisan masyarakat,”ujarnya, usai melantik 32 penghulu serentak se-kabupaten Siak, di Sport Hall, kota Siak, rabu (12/27/2023).

Lanjutnya, dengan adanya kekompakan diharapkan penghulu terpilih mampu pembangunan pelayanan publik yang baik, lancer dan dapat berkontribusi terbaik bagi warganya.

“Jadi, kalau ada dulu beda pilihan, ini tak mendukung kita, sekarang sudah tutup buku. Sejak hari ini, penghulu di pilih masyarakat dan mengayomi masyarakat. Dengan begitu kita mampu menjalankan amanah dan tanggung jawab,”kata Alfedri.

Alfedri juga berpesan, kepada penghulu yang baru dilantik, senantiasa menjalankan amanah penuh ke ikhlasan,” kalau kita tulus mudah-mudahan menjadi ladang amal, kalau terpaksa dia akan menjadi beban. Selalulah belajar, jangan segan-segan berkonsultasi dengan dinas PMK dan Inspektorat dan badan keuangan terutama pengelolaan adminitrasi keuangan,” pesannya.

Alfedri menyinggung terkait angka partisipasi politik masyarakat pada pemilihan penghulu serentak 2023 beberapa bulan lalu, meningkat dibanding tahun 2021.

“Angka partisipasi politik pada Pemilu Kampung serentak beberapa bulan lalu, naik sebesar 73 persen, sebelumnya tahun 2021 angka partisipasi politik berjumlah 70 persen. Artinya meningkat 3 persen. Yang paling tinggi partisipasi pemilih ada di kampung Pebadaran dan Teluk Merempan 95 persen, kampung yang terendah ada di Pinang Sebatang Timur hanya 57 persen,” kata dia.

Menyambut Pemilu 2024 mendatang, Bupati Siak Alfedri mengajak seluruh elemen masyarakat menyukseskan pemilu dengan menggunakan hak pilih, sehingga angka partisipasi pemilih di kabupaten Siak meningkat.

Bupati Siak Alfedri memberikan ucapan selamat kepada penghulu yang dilantik

Alfedri juga mengucapkan selamat kepada penghulu dilantik semoga amanah.

“Kami atas nama pemerintah, pribadi mengucapkan selamat dan tahniah kepada 32 penghulu se-kabupaten Siak yang baru saja dikukuhkan. Semoga dapat menjalankan amanah dengan baik,”sebutnya.

Ia minta, penghulu terpilih, mampu meng akselerasi percepatan pembangunan untuk percepatan kesejahteraan masyarakat yang ada di kampungnya. Terhadap penghulu yang sebelumnya.

”Kami atas nama pemerintah daerah mengucapkan terimakasih yang setulusnya, atas pengabdian terbaik para penghulu periode yang lalu. Kami lihat penghulu yang telah berakhir masa tugasnya, dapat menjalankan amanah dengan baik. Kami lihat perannya luar biasa juga dalam mengayomi masyarakat, bahkan partisipasi dan kontribusinya untuk masyarakatnya, patut diberi uplose,”teranya.

Pada acara pelantikan itu, dilakukan penandatangan MoU antara Pemerintah kabupaten Siak dengan Polres Siak, tentang penyuluhan hukum peran serta penyusunan produk hukum daerah dan peraturan kampung, pengamanan barang milik daerah serta kerjasama lainnya dalam bidang pelayanan masyarakat.

Terhadap penghulu yang berakhir masa tugasnya, pemerintah memberikan tunjangan purna bhakti dan tunjangan kematian kepada 31 mantan penghulu masing-masing mendapatkan tunjangan sesuai dengan masa tugas. (mC-KAB-SIAK/Yanto/Alonk/dp07).

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini