Meriahkan Hari Kemerdekaan, Mahasiswa UM Pontianak Bersama Masyarakat Gelar Lomba Tradisional

0
195
Lomba balap karung meriahkan HUT RI ke-76 di Sebala Desa Batu Gajah (foto dodi)

Bursakota.co.id, Natuna –┬áDalam rangka memeriahkan peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia ke – 76, Mahasiswa Universitas Muhammadiyah (UM) Pontianak berkolaborasi dengan masyarakat Dusun II, Air Tikal Desa Batu Gajah, Kecamatan Bunguran Timur mengelar kegiatan pertandingan Tradisional di lapangan Bola Kaki Sebala, Selasa (17/08).

Kegiatan pertandingan tradisional ditengah masa pandemi covid-19 ini, telah mendapatkan izin dari pihak kecamatan dan pihak desa, dengan protokol kesehatan ketat.

Ketua Kuliah Kerja Usaha (KKU) Universitas Muahammadiyah Pontianak Puspa Ramersa mengatakan, dalam rangka memperingati HUT RI Ke-76 yang bertepatan dengan tahun baru Islam 1443 Hijriah atau 1 Muharam, Mahasiswa yang sedang melaksanakan kegiatan Kuliah Kerja Usaha (KKU) di dusun dua ini, berkolaborasi dengan masyarakat setempat mengelar kegiatan pertandingan kecil-kecilan, seperti pertandingan pancing botol, panjat pinang, lari dalam goni dan sejumlah pertandingan tradisional, dengan mengusung tema, “Merajut Kembali Kepedulian Masyarakat Tentang Hari Kemerdekan Kita.

Puspa juga menjelaskan, kegiatan ini bisa dilaksanakan karena permintaan dan suport dari masyarakat, walaupun di tengah masa pandemi covid -19.

Lomba panjat pinang

“Kami sebagai mahasiswa yang sedang melaksanakan kegiatan KKU mencoba memenuhi apa yang menjadi harapan masyarakat di wilayah ini, untuk membuat kegiatan. Dan alhamdulilah antusias dari masyarakat cukup tinggi sehingga kegiatan ini bisa kita laksanakan, dengan tetap mengedepankan prokes 5 M. Kegiatan ini sudah mendapatkan izin dari pihak kecamatan, desa serta mendapat dukungan dari masyarakat dusun dua Desa Batu Gajah,” terangnya.

Puspa juga menuturkan, sebelum hari pelaksanaan kegiatan pertandingan, telah melakukan penyuluhan kepada masyarakat akan pentingnya mematuhi prokes.

“Kemaren kita juga sudah melakukan penyuluhan sekaligus membagikan poster di dusun dua ini, dengan cara mendatangi langsung ke rumah warga, tentang pencegahan penularan covid-19,” tuturnya.

Saat dikonfirmasi terkait izin pelaksanaan kegiatan ini, Camat Bunguran Timur Hamid Hasnan membernarkan, bahwa kegiatan yang diselenggarakan oleh mahasiswa dan masyarakat Dusun II Air Tikal, Desa Batu Gajah telah mendapatkan izin.

“Kegiatan yang dilaksanakan ini sudah mendapatkan izin walaupun bukan izin tertulis, Ketua Satgas covid -19 desa telah melakukan koordinasi dengan pihak kecamatan bahwa mahasiswa yang tengah melakukan KKU akan membuat kegiatan pertandingan kecil dalam memperingati HUT RI Ke-76, yaitu pertandingan tradisional,” paparnya.

Lomba makan kerupuk

Selain itu, Hamid Hasnan juga menegaskan, tidak ada pelonggaran di tengah masa pandemi covid-19 di kecamatan Bunguran Timur.

“Kalau kelonggaran itu tidak ada, tetapi selama masyarakat memang betul-betul bisa mematuhi prokes dengan ketat, kita akan coba memberikan peluang lah buat masyarakat melepas rindu dengan kegiatan pertandingan tradisional, ini tidak berlaku hanya di desa batu gajah saja, tetapi berlaku juga untuk desa yang ada di kecamatan bunguran timur, selama mereka ada koordinasi dengan ketua satgas covid di desa kita pasti akan memberikan peluang yang sama, dengan catatan jumlah pengunjung hanya di wilayah itu saja,” terangnya.

Hamid Hasnan juga berharap, kegiatan yang dilaksanakan di dusun II Desa Batu Gajah, bisa mematuhi apa yang telah disepakati, yaitu mematuhi prokes dengan ketatat.***(Dika)

Editor : Faturahman

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here