Nelayan Pancing Ulur Tidak Ada Batasan Wilayah Tangkap

0
136
Wakil Bupati Natuna, Rodhial Huda melakukan audensi dengan nelayan bahas zona tangkap, kuota BBM Solar dan TDKP

Bursakota.co.id, Natuna – Wakil Bupati Natuna, Rodhial Huda menerima kunjungan sejumlah nelayan untuk beraudiesi diruang rapat Kantor Bupati Natuna, Bukit Arai Rabu (04/01/23).

Dalam pertemuan tersebut, ada beberapa permasalahan para nelayan yang disampaikan kepada Wakil Bupati Natuna Rodhial Huda diantaranya pembatasan jalur tangkap, pembatasan kuota BBM Solar untuk nelayan yang cukup meresahkan.

Wabup Rodhial Huda menjelaskan bahwa untuk nelayan pancing ulur tidak ada pembatasan zona memancing. Informasi penting disampaikan begitu ada nelayan yang melewati 12 mill merembet ke permasalahan hukum karena adanya ketentuan aturan pembatasan wilayah tangkap.

Dikatakan Rodhial, pemerintah daerah nanti dalam menyikapi hal ini akan bersama – sama kabupaten/kota lain dan juga gubernur akan membawa data telaah untuk dibahas dan dicarikan solusi sampai dilevel pusat.

“Persoalan ini akan kita sampaikan bersama-sama ke pemerintah pusat,”jelas Rodhial.

Dalam sesi tanya jawab, Rodhial Huda menyampaikan kepada setiap ketua kelompok nelayan untuk menghimpun permasalahan yang ada dibawah dan dinas teknis dalam hal ini dinas perikanan menginventaris permasalahan sehingga nantinya bisa dicarikan solusi dan dibuatkan sebuah kebijakan.

“Tugas saya dan Bupati memastikan permasalahan perizinan TDKP kapal 6 GT ke atas bisa diurus di Natuna, dengan meminta pihak berwewenang membuka gerai untuk perizinan TDKP tersebut,” tegas Rodhial.

Sementara, salah seorang perwakilan nelayan menyampaikan aspirasi untuk kepengurusan Tanda Daftar Kapal (TDKP) Nelayan untuk kapal diatas 6 GT bisa diurus di Natuna.(Bk/Dika)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini