Pemkab Gelontorkan Anggaran Hibah Rp5,5 Miliar ke Polres Buton Tengah Untuk Sukseskan Pilkada 2024

0
29
Ket Foto : Pendatanganan naskah perjanjian hibah daerah (NPHD) oleh Penjabat (Pj) Bupati Buton Tengah, Andi Muhammad Yusuf bersama Kopolres Buton Tengah, AKBP Yanna Nurhandiana, berlangsung di Kantor Bupati Buton Tengah, Selasa (2/4/2024).

Bursakota.co.id, Buteng – Pemerintah Kabupaten Buton Tengah (Pemkab Buteng), Sulawesi Tenggara, gelontorkan anggaran pengamanan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) tahun 2024 sebesar Rp 5,5 miliar kepolisian Polres Buton Tengah.

Pendanaan Pilkada tersebut ditandai dengan pendatanganan naskah perjanjian hibah daerah (NPHD) oleh Penjabat (Pj) Bupati Buton Tengah, Andi Muhammad Yusuf bersama Kopolres Buton Tengah, AKBP Yanna Nurhandiana, berlangsung di Kantor Bupati Buton Tengah, Selasa (2/4/2024).

Pj Bupati Buton Tengah, Andi Muhammad Yusuf, menyampaikan, pendatanganan NPHD kepada institusi bertugas menjaga keamanan pelaksanaan Pilkada dilakukan sebagai bentuk dukungan sinergitas pemerintah daerah untuk bersama-bersama mengawal dan mensukseskan pelaksanaan Pilkada 2024 yang saat ini mulai berjalan.

Lanjut ia menyampaikan, kewajiban pemerintah daerah dalam mendukung kelancaran pelaksanaan Pilkada telah dilakukan dengan adanya persiapan anggaran hibah daerah melalui pendatanganan NPHD bersama KPU, Bawaslu, TNI-Polri di Kabupaten Buton Tengah.

“InsyaAllah, kami dari pemerintah daerah bersama KPU, Bawaslu, TNI-Polri dalam hal pelaksanaan Pilkada 2024 telah siap mengawal dengan baik, lancar dan aman,” tuturnya.

Orang nomor satu di daerah dengan sebutan Negeri 1000 Goa ini berharap, dengan adanya kordinasi yang baik kepala seluruh pihak dalam mengawal pesta demokrasi Pilkada 2024, dapat diyakini dapat terlaksana dengan baik seperti halnya pelaksanaan Pemilu Presiden maupun Pilcaleg yang usai digelar berjalan kondusif.

“Pelaksanaan Pemilu 2024 di Kabupaten Buton Tengah mendapatkan apresiasi dari pimpinan (Kemendagri) karena berjalan kondusif dan lancar, meski ada gejolak sedikit itu hal biasa karena setiap daerah pasti ada masalah. Namun yang pasti pelaksanaan dapat berjalan dengan baik dari segi keamanan. Olehnya itu, saya mengucapkan terimakasih kepada seluruh pihak terlibat baik itu penyelenggara, TNI-Polri dan masyarakat,” ungkapnya.

Sementara itu, Kapolres Buton Tengah, AKBP Yanna Nurhandiana, mengucapkan terimakasih kepada pemerintah daerah atas dukungan operasional kegiatan pengamanan Pilkada 2024.

Lanjut ia mengatakan, dalam mewujudkan suasa keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas) dalam pelaksanaan Pilkada, personil keamanan telah disiapkan sebanyak 150 – 200 orang. Dan ini akan ada tambahan personil dari Polda Sulawesi Tenggara jika nantinya dibutuhkan.

“Kami jajaran kepolisian Polres Buton Tengah telah siap menjaga keamanan dan ketertiban pelaksanaan Pilkada 2024,” ucapnya.

“Mari kita bersama-sama seluruh stekholder dan unsur lainnya yang ada di Kabupaten Buton Tengah ikut serta mensukseskan dan mendukung pelaksanaan Pilkada 2024 berjalan lancar dan aman serta mari menjaga kamtibmas,” ucap Kapolres menghimbau.

Di tempat yang sama, Kepala Dinas Kesbangpol Buton Tengah, La Ode Abdullah, menyampaikan NPHD bersama unsur penyelenggara (KPU-Bawaslu) dan keamanan (TNI-Polri) telah usai di lakukan serta pencairan dana hibah daerah sudah berjalan secara bertahap.

“Pendanaan Pilkada KPU Buteng sebesar Rp 26,5 miliar telah dicairkan 100 persen. Untuk anggaran Bawaslu Rp 8,5 miliar sudah mencapai 40 persen pencairan. Kemudian Polres Rp 5,5 miliar dan Dandim Buton Rp 1,2 miliar dalam waktu tidak terlalu lama lagi akan dicairkan,” pungkasnya.

Laporan : Hari Sabar

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini