Pemuda Muslim Natuna Gelar Jum’at Keliling di Masjid Al – Babussalam

0
430

Bursakota, Natuna – Pengurus dan anggota Pemuda Muslimin Kabupaten, Natuna tampak berkumpul di depan sebuah warung kelontong di jalan Hang Tuah, Ranai, Jumat, 21 Februari 2020.

Mengenakan kopiah hitam dan seragam ciri khas berwarna merah putih. Mereka sedang siap-siap hendak bepergian menggunakan kendaraan roda dua.

Pagi itu sekira pukul 10.00 WIB, anggota PC Pemuda Muslimin memacu sepeda motor dari Ranai (ibukota Natuna), menuju desa Selemam, Kecamatan Bunguran Timur Laut. Perjalanan ditempuh sekitar 30-40 menit.

Sesampainya disana, rombongan langsung bergerak menuju Masjid Al-Babussalam. Kemudian dilanjutkan dengan aksi bersih-bersih.

Kegiatan ini merupakan program rutin ditaja Pemuda Muslimin. Mengadakan Jum’at keliling (juling) ke berbagai tempat ibadah ummat Islam di bumi Natuna.

Al-Babussalam merupakan Mesjid pertama yang dikunjungi. Setiap kunjungan akan diisi berbagai kegiatan seperti membersihkan pekarangan Mesjid, hingga mengisi khutbah Shalat Jumat.

Kegiatan ini dilaksanakan satu kali dalam sebulan. Sebelum mengunjungi masjid yang menjadi titik sasaran, terlebih dahulu dilakukan koordinasi dengan pengurus masjid.

Selain bersih-bersih dan mengisi khutbah, Pemuda Muslimin Natuna, kedepan akan menginventarisir kebutuhan setiap masjid yang didatangi.

“Selain menjalin tali silaturrahmi sesama ummat muslim. Kegiatan ini juga kita maksudkan untuk menggerakkan kembali remaja masjid”, ujar Sugianto, Ketua PC Pemuda Muslimin Natuna.

Untuk saat ini, Juling difokuskan di pulau Bunguran besar. Namun tidak menutup kemungkinan, kedepan akan bergerak lebih luas ke pulau-pulau.

“Sementara ini, kita fokus dulu ke mesjid di pulau Bunguran, sambil melihat respon masyarakat. Kalau memungkinkan bisa saja nanti kita ke pulau-pulau”.

Untuk mengisi khutbah, Pumuda Muslimin menggandeng Lembaga Dakwah Kampus (LDK) STAI Natuna. Giat perdana ini, Muhammad Arif bertindak sebagai Khatib.

Kegiatan Juling mendapatkan respon positif dari Kepolisian Resort (Polres) Natuna. Bahkan pada pelaksanaannya dihadiri oleh Kepala Satuan Pembinaan Masyarakat (Sat Binmas) Polres Natuna, Iptu Sudiono.

“Bagus sekali kegiatan seperti ini. Nanti kalau memang mau melakukan Jum’at Keliling lagi, biar kami sumbang kain lap dan sabun untuk mengepel lantai Masjid, sebelum dipakai Sholat berjamaah”.

Bahkan pihaknya juga mengundang Pemuda Muslim, untuk melaksanakan Maghrib Keliling di Mushola Polres Natuna. Tujuannya untuk menjalin tali silahturahmi dan meningkatkan sinergitas antara pihak Kepolisian dengan para OKP. (Net)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini