Peringati HUT Ke-12, PT PIM Tanam 750 Pohon

0
33
Ket Foto : PT Pupuk Iskandar Muda (PIM) melaksanakan penanaman 750 batang pohong di Kabupaten Aceh Utara dan Kabupaten Bireuen.

Bursakota.co.id, Lhokseumawe – Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) PT Pupuk Indonesia (Persero) yang ke-12 tahun, PT Pupuk Iskandar Muda (PIM) melaksanakan penanaman 750 batang pohong di Kabupaten Aceh Utara dan Kabupaten Bireuen.

Kegiatan penanaman pohon serentak tersebut mengusung tema “Pupuk Indonesia Green Harmony Kick Off Penanaman 8000 Pohon untuk Bumi” yang dilaksanakan secara live streaming oleh 12 anak perusahaan Pupuk Indonesia.

Kegiatan penanaman pohon secara serentak ini dibuka langsung oleh Ketua Umum Persatuan Istri Karyawan (PIKA) Pupuk Indonesia Group, Tata Rahmad Pribadi dan Direktur Utama PT Pupuk Indonesia Group, Rahmad Pribadi.

Staf Pengelola dan Pengembangan Kawasan Iskandar Muda Industrial Area (IMIA), Saifuddin Noerdin yang mewakili Direktur Utama PT PIM, Budi Santoso Syarif menyampaikan, perayaan HUT Ke-12 PT Pupuk Indonesia yang merupakan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) tersebut melakukan penanaman 8.000 pohon. Kegiatan penanaman pohon ini menjadi wujud nyata dari komitmen perusahaan untuk menjaga kelestarian alam.

“Seperti yang kita ketahui bersama, lingkungan hidup merupakan warisan berharga yang kita terima dari nenek moyang kita. Namun, sayangnya, semakin lama, warisan itu semakin terancam oleh perubahan iklim dan aktivitas manusia yang tidak berkelanjutan,” kata Saifuddin.

Ia menyebutkan, jumlah pohon yang ditanam oleh PIM sebanyak 750 (tujuh ratus lima puluh) pohon yang terdiri dari Magrove, Matoa, dan pohon produktif diantaranya pohon Mangga, Rambutan, Nangka dan Durian. Tidak hanya pohon, PIM juga akan akan menanam tanaman langka yaitu Palem Kipas Sumatera, Palem Merah Bangka, dan tanaman khas Aceh yakni Cempaka Kuning (Bungong Jeumpa).

“Hari ini kita melakukan seremonial penanaman pohon sebanyak 20 batang yang akan dilakukan oleh SVP, Muspika Dewantara dan Dinas Lingkungan Hidup & Kebersihan (DLHK) Aceh Utara, PIKA PIM dan SP PIM,” sebut Saifuddin.

Jelasnya lagi, lokasi penanaman pohon tidak hanya dilakukan di area PIM saja, namun juga tersebar di  2 wilayah yaitu  Desa Sawang, Kecamatan Samudera, Lhoksukon, dan Desa Blang Mee Kecamatan Kutablang, Bireuen.

“Penanaman pohon yang kita lakukan hari ini tidak hanya sekedar rutinitas, tetapi merupakan langkah konkrit yang dapat kita ambil untuk memperbaiki kondisi lingkungan kita. Dengan menanam pohon, kita tidak hanya memberikan manfaat bagi diri kita sendiri, tetapi juga bagi anak cucu kita yang akan datang,”ungkapnya.

Saifuddin menambahkan, kegiatan ini juga selaras dengan peringatan Hari Bumi Sedunia yang jatuh pada tanggal 22 April 2024 lalu. Melalui kegiatan ini mari pihaknya berkomitmen untuk menjaga dan merawat pohon-pohon yang ditanam tersebut dengan baik.

“Terakhir, mari kita ingat bahwa kegiatan ini hanya langkah awal. Mari kita lanjutkan semangat kebaikan ini dengan melakukan tindakan-tindakan nyata lainnya untuk melindungi lingkungan kita. Bersama-sama, kita bisa menciptakan perubahan yang positif bagi bumi kita tercinta,” pesan Saifuddin.

Pada kesempatan yang sama Saifuddin Nordin didampingi Muspika Dewantara juga menyerahkan pohon kepada Geuchik lingkungan perusahaan secara simbolis.

Kegiatan seremonial penanaman pohon di PIM dihadiri oleh seluruh SVP dan VP PIM, Perkumpulan Istri Karyawan (PIKA) PIM, Dinas Lingkungan Hidup & Kebersihan (DLHK) Aceh Utara, Muspika Dewantara, Imum Mukim yang ada di Dewantara, para geuchik lingkungan, tokoh masyarakat, dan seluruh stakeholder PT PIM. Kegiatan itu juga dimeriahkan dengan memakai pakaian batik bagi perempuan dan baju putih bagi laki-laki. (Bk/Dedy)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini