PLN Mendukung Transformasi Energi Hijau Untuk IKN Nusantara Menjadi Kota Ramah Lingkungan

0
44
Ket Foto : Petugas PLN melakukan inspeksi Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) yang berada di Kawasan Inti Pusat Pemerintahan Ibu Kota Nusantara di Kabupaten Penajam Paser Utara, Provinsi Kalimantan Timur.

Bursakota.co.id, Jakarta – PT PLN (Persero) berkomitmen kuat dalam mengembangkan kelistrikan berbasis energi hijau dan infrastruktur pendukung ekosistem kendaraan listrik di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara. Hal ini sejalan dengan visi Presiden RI Joko Widodo untuk menjadikan IKN sebagai green city.

Presiden dalam kuliah umumnya di Kampus Universitas Georgetown, Washinton DC, menegaskan bahwa IKN Nusantara akan menjadi kota serba hijau. Dalam visinya, penghuni IKN diwajibkan menggunakan kendaraan listrik secara penuh, dengan 80% menggunakan transportasi publik berbasis listrik.

Pembangkit listrik di IKN direncanakan ramah lingkungan dengan pemanfaatan energi terbarukan seperti energi solar, panas bumi, dan hydropower. Hal ini diungkapkan oleh Direktur Utama PLN, Darmawan Prasodjo, yang menekankan dukungan PLN terhadap pembangunan IKN sebagai forest city yang cerdas, hijau, indah, dan ramah lingkungan.

Darmawan menyatakan komitmen PLN untuk menyediakan listrik yang andal dan bersih, sejalan dengan target Net Zero Emissions 2060, serta berencana membangun Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) dan infrastruktur terkait di wilayah IKN dan sekitarnya. Hingga Oktober 2023, PLN telah menyediakan ratusan unit SPKLU, SPBKLU, dan SPLU di berbagai wilayah di Indonesia.

Dukungan PLN juga mencakup pengembangan Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) 50 MW dan penggunaan potensi hidro sekitar IKN yang diharapkan dapat menyumbang 1.000 MW, memastikan bahwa sistem kelistrikan di IKN Nusantara akan 100% didukung oleh energi baru dan terbarukan.

Komitmen PLN ini merupakan langkah konkret dalam mendukung transformasi IKN menjadi kota yang ramah lingkungan, teknologis, dan efisien, serta memberikan kontribusi nyata terhadap visi green city yang diimpikan oleh Presiden Jokowi.

Editor : Dika

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini