Prajurit Korem 011 Bersihkan Makam Sultan Malikussaleh

0
36
Ket Foto : Puluhan personel TNI dari Korem 011/Lilawangsa melaksanakan kegiatan gotong-royong bersama bersama masyarakat membersihkan Makam Sultan Malikussaleh di Gampong Beuringen Kecamatan Samudera Kabupaten Aceh Utara, Senin (16/9/2023).

Bursakota.co.id, Aceh Utara – Puluhan personel TNI dari Korem 011/Lilawangsa melaksanakan kegiatan gotong-royong bersama bersama masyarakat membersihkan Makam Sultan Malikussaleh di Gampong Beuringen Kecamatan Samudera Kabupaten Aceh Utara, Senin (16/9/2023).

Sultan Malikussaleh adalah sultan pertama Kesultanan Samudera Pasai, Ia memerintah Samudra Pasa mulai tahun 1267 dan Sultan Malikussaleh satu-satunya Sultan yang bisa membaca Al-quran pada abad 13.

Pembersihan Makam Sultan Malikussaleh itu dipimpin oleh Dankima Korem 011/Lilawangsa Kapten Inf Darmansyah putra, Kegiatan tersebut dilakukan dalam rangka Peduli Situs Cagar Budaya Makam Sultan Malikussaleh yang merupakan Tokoh pendiri Kerajaan Islam pertama di Aceh yang berada di wilayah korem 011/LW.

Gotong-royong bersama dimulai pada pukul 09.00 WIB dengan membersihkan Makam Sultan Malikussaleh dilanjutkan dengan pengecatan yang berada di sektor lingkungan sekitar Makam hingga selesai.

Danrem 011/Lilawangsa Kolonel Kav Kapti Hertantyawan SH melalui Kapten Inf Darmansyah Putra mengatakan bahwa TNI khususnya Korem 011/Lilawangsa peduli dan memberikan perhatian terhadap peninggalan Situs Cagar budaya yang terkait dengan sejarah besar suatu wilayah karna hal tersebut juga bagian dari sejarah Nusantara atau sejarah Bangsa Indonesia

“Pelaksanaan gotong-royong yang dilaksanakan dan diikuti oleh masyarakat setempat dilaksanakan dengan semangat dari para peserta kegiatan yang hadir,” katanya.

Selain melaksanakan gotong royong, kata Kapten Inf Darmansyah Putra, prajurit Korem 011/ Lilawangsa bersama masyarakat disekitar lokasi Makam Sultan Malikussaleh juga mengirimkan doa sebagai bentuk wujud syukur kepada tokoh besar penyebar Agama Islam di wilayah Samudra Pasai

“Sultan Malikussaleh telah rela memberikan sumbangsih jiwa dan raganya demi melaksanakan syiar agama Islam di wilayah Provinsi Aceh,”tutup Kapten Inf Darmansyah putra. (Bk/Dedy)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini