Presiden Resmikan BTS 4G, Masyarakat Natuna Senang Bersilaturahmi 

0
66
Foto bersama Bupati Natuna, Forkopimda dan Masyarakat seusai acara live zoom pengoperasian BTS Kominfo dan Satelit Republik Indonesia 1 oleh Presiden RI

Bursakota.co.id, Natuna – Presiden Joko Widodo meresmikan pengoperasian Sinyal BTS 4G Bakti Kominfo dan Integrasi Satria (Satelit Republik Indonesia) 1 secara nasional di Kabupaten Talaud, Provinsi Sulawesi Utara, Kamis 28 Desember 2023.

Acara ini diikuti secara nasional oleh daerah-daerah lain yang menjadi sebaran BTS 4G Bakti Kominfo melalui live zoom, termasuk Natuna. Pemerintah Kabupaten Natuna sendiri mengikuti acara tersebut melalui acara yang digelar di Desa Pengadah, Kecamatan Bunguran Timur Laut.

Menteri Kominfo RI, Ari Budi Setiadi pada kesempatan itu melaporkan, pekerjaan BTS 2023 ini dapat diselesaikan dalam waktu yang cepat karena persoalan di lapangan tidak banyak yang merintangi.

“Persoalannya banyak di administrasi dan hukum. Maka pekerjaan segera dapat dituntaskan,” paparnya.

Ia menegaskan semua pekerjaan BTS di Indonesia sudah rampung hampir 100 persen sesuai target yang sudah ditetapkan pemerintah. Sisinya tinggal 630 unit BTS yang belum dapat diselesaikan.

“Itu karena ada kendala medan yang sulit dan kendala keamanan yang signifikan di Papua. Tapi ini kami upayakan triwulan pertama tahun depan semuanya selesai,” ujarnya.

Presiden Jokowi mengapresiasi kinerja kerja Kementerian Kominfo karena proyek yang begitu banyak telah dapat diselesaikan dalam waktu yang sangat singkat.

“Cuma kemarin ada problem korupsi sehingga pekerjaan ini sempat terhenti,” kata Presiden Jokowi.

Meski begitu, Presiden Jokowi berkomitmen untuk menuntaskan program tersebut. Terkait program ini, ia mengaku telah berbicara dengan Kejaksaan Agung agar problem korupsi dapat ditangani sebaik mungkin tapi dilain sisi kegiatan pembangunan BTS 4G harus tetap berjalan.

“Pak Kejagung bilang siap mendampingi pembangunan itu secara hukum dan administrasi. hingga Kominfo memiliki rasa percaya diri dan berhasil dikebut selama empat bulan saja meskipun pekerjannya banyak,” tuturnya.

Dengan demikian, Presiden Jokowi mengaku bersyukur karena pemerintah telah berhasil membangun tol langit dan banyak sekali infrastruktur konektifiti.

“Alhamdulillah, ini semua sudah dapat kita nikmati. Dengan ini gerakan dan komunikasi masyarakat dapat berjalan lebih lancar lagi,” ucap Presiden Jokowi mengakhiri.

Bupati Natuna, Wan Siswandi pada kesempatan itu menghaturkan apresiasi tinggi kepada pemerintah pusat yang telah meningkatkan infrastruktur telekomunikasi di Natuna.

Dari kegiatan pemerintah itu, masyarakat Kabupaten Natuna disebutnya sudah banyak mendapatkan kemanfaatan untuk mendukung kegiatannya di semua sektor.

“Paling tidak, kita dapat melihat masyarakat dapat lebih senang bersilaturahmi dengan adanya program ini,” kata Bupati Siswandi.

Ia menjelaskan, di Natuna terdapat 17 lokasi BTS yang diresmikan pemerintah pada momen ini. Salah satunya BTS yang ada di Desa Pengadah, Kecamatan Bunguran Timur Laut.

Menurutnya, program yang ditujukan untuk mendukung akselerasi kebutuhan akses jaringan telekomunikasi masyarakat itu di Natuna berjalan secara konstan.

“Pembangunannya pelan tapi pasti. Dan tiba-tiba sebaran koneksi telekomunikasi kita menjadi lebih luas,” ungkapnya.

Dengan begitu, Bupati Siswandi juga mengaku bersyukur dan gembira karena pengoperasian Base Transceiver Station (BTS) 4G dan integrasi Satria 1 itu dibuka secara resmi oleh Presiden Jokowi.

“Maka kami berharap selain berfungsi sebagai sarana pendukung pertumbuhan ekonomi, akses telekomunikasi ini juga dapat menjadi perekat kita semua karena dengan ini kita bisa semakin mudah berkomunikasi,” tuntasnya. (Bk/Dika)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini