Program PNPM, Salah Satu Alternatif Pengembangan Usaha Kaum Perempuan

0
143
Camat Bunguran Timur, Hamid Asnan saat memberi arahan dalam penyaluran dana pinjaman PNPM (Foto istimewa)

Bursakota.co.id, Natuna – Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat (PNPM) merupakan salah satu solusi bagi kaum perempuan untuk mendongkarak pertumbuhan ekonomi di tengah masa pandemi Covid-19 yang belum berahir, dimana semua kegiatan agak dibatasi.

Hal ini diungkapkan oleh Camat Bunguran Timur, Hamid Asnan usai penyeluran dana simpan pinjam PNPM kepada kelompok-kelompok yang telah mengajukan pinjaman, di Kantor Badan Kerjasama Antar Desa dan Kelurahan (BKAD), Ranai, Senin (21/02).

Menurut Hamid Asnan, kegaiatan lanjutan dari PNPM ini, ini jika betul-betul di manfaatkan oleh nasabah sesuai dengan usaha yang diajukan dalam proposal bisa meningkatkan usaha bagi kaum perempuan di tengah masa pandemi Covid-19.

“Saya pikir ini seuatu kemudahan yang luar biasa yang didapatkan oleh warga, di karenakan pertama bunganya kecil prosesnya pun sangat mudah tidak berbelit-belit, yang terpenting pengembaliannya harus tepat waktu, karena jika pengembalian tepat waktu masyarakat yang lain bisa memanfaatkan juga program ini, yang punya keinginan membuka usaha,” tutrnya.

Selain itu, Hamid Hasnan juga mengakui, nasabah di kecamatan bunguran Timur masih terdapat yang tersendat dalam pengembalian.

“Menurut informasi yang saya terima masih ada juga nasabah yang tersendat dalam pengembalian, akan tetapi dengan kerja keras dari tim-tim BKAD ini, progres pengembalian sudah mulai berjalan walaupun agak lambat, saya apresiasi atas kerja dari tim-tim yang ada di BKAD,” akuinya.

Hamid Asnan juga optimis empat kelompok yang dicairkan dana pada hati ini mempunyai integritas yang tinggi.

“Saya kira kelompok yang di cairkan pinjamn di hari ini sudah punya komiten yang luar biasa, sehingga mereka mendapat Insentif Pengembalian Tepat Waktu (IPTW),” lugasnya.(dodi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here