Punya Program Perikanan, PC MCMI Lingga Selaraskan Program dengan Pemkab Lingga

0
125

Bursakota.co.id, Lingga – Dalam rangka memenuhi berbagai kebutuhan organisasi, dengan memperhatikan AD/ART Masyarakat Cinta Masjid Indonesia (MCMI) dan Undang-undang Nomor 16 Tahun 2017 tentang Organisasi Kemasyarakatan.

PC MCMI Kabupaten Lingga telah melakukan diskusi internal menyusun kepengurusan dan program kerja yang akan dibuat dalam waktu dekat ini.

Tepatnya, Kamis, 28 Januari 2021 pada pukul 20.45 wib, di Daik Lingga telah diadakan rapat perdana Pengurus Cabang MCMI Lingga.

Suhardi selaku Ketua PC MCMI Kabupaten Lingga membuka rapat kepengurusan Organisasi tersebut dan menjelaskan, bahwa MCMI adalah gerakan umat yang menghendaki terbentuknya masyarakat yang berdaya guna dan memberikan manfaat bagi agama, bangsa dan Negara.

MCMI ini sebagai instrument dakwah yang disandingkan dengan kegiatan ekonomi umat, kegiatan sosial kemasyarakatan. Apalagi MCMI ini telah melakukan MoU dengan Kementrian Perhubungan sehingga nanti banyak program yang bisa selaraskan antara Pemkab Lingga dan MCMI Lingga.

Sementara itu, Penasehat MCMI Lingga Mustaennopy berharap, kendala di bidang perikanan, kelautan dan nelayan merupakan titik yang harus diperhatikan, dengan menggesa program perikanan kelautan seperti Pas Nelayan, Pelatihan BST bagi nelayan, yang nantinya membantu nelayan dalam aktivitas penunjang pertumbuhan perekonomian umat.

“MCMI ini bersinergi dengan program pemerintah yang bisa membantu meningkatkan perekomonian wilayah,”harapnya.

Langkah awal pergerakan PC MCMI Lingga nantinya dengan melakukan koordinasi bersama Pemerintah Daerah Kabupaten Lingga, Polres, KSOP dan Instansi yang nantinya berhubungan dengan kegiatan dan program MCMI ke depan.

Ia juga menjelaskan, program di MCMI Lingga mengacu ke Program MCMI Pusat dan disesuaikan dengan kondisi daerah di Lingga, nantinya MCMI Lingga akan menjadikan kegiatan Sosial, Perikanan Kelautan dan Ekonomi umat sebagai program unggulan.

“Seperti yang kita ketahui bahwa Daerah Lingga merupakan daerah penghasil yang sangat berpotensi dalam perikanan dan pertanian, namun kendala yang sangat berarti di penyaluran hasil produksi ke pembeli baik di dalam daerah maupun luar negeri. Hadirnya MCMI Lingga ini diharapkan bisa menerobos jalur pembatas yang bisa memajukan pertumbuhan ekonomi umat seperti mencari pembeli tetap di luar daerah,”harapnya.

Implementasi pelaksanaan program kerja PC MCMI Kabupaten Lingga ini beroreantasi kepada semangat persatuan dan kebersamaan dalam rangka meningkatkan kemampuan sumber daya masyarakat sebagai salah satu penunjang pertumbuhan ekonomi umat.

Penyusunan pengurus inti yang disesuaikan dengan SDM dan kemampuan anggota sehingga nantinya MCMI Lingga bisa terus bergerak maju dan bersinergi bersama Pemerintah Kabupaten Lingga dan Instansi terkait lainnya.

“Semoga nantinya Organisasi PC MCMI Kabupaten Lingga memberi dampak baik dan bermanfaat bagi masyarakat Kabupaten Lingga.”tutupnya.

Laporan : Iwan

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here