Ribuan Masyarakat dari 7 Nagari Kapur IX Antusias Peringati HUT RI ke-78, Ini Kata Bupati Safaruddin

0
148
Foto : Bupati Lima Puluh Kota Safaruddin saat memberi sambutan pada event perayaan peringatan HUT RI ke-78, baru-baru ini.

Bursakota.co.id, Lima Puluh Kota – Ribuan masyarakat dari tujuh nagari di Kapur IX patut diapresiasi saat perayaan Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia ke-78.

Hal itu tampak saat orangtua, muda dari berbagai penjuru berbondong-bondong memadati pasar Muaro Paiti, menikmati berbagai macam atraksi budaya dan seni dari ratusan murid SD hingga SMA se- Kecamatan Kapur IX, baru-baru ini.

Rangkaian event perayaan Peringatan Hari Ulang Tahun ke-78 Kemerdekaan Republik Indonesia tingkat Kecamatan Kapur IX kali ini dipusatkan di Nagari Muaro Paiti.

Event Alek Nagari Muaro Paiti yang berlangsung di bulan kemerdekaan ini diselenggarakan sebulan penuh dan telah dimulai semenjak 12 Juli 2023 hingga tanggal 19 Agustus 2023. Gelora peringatan kemerdekaan Indonesia begitu terasa di Kapur IX, hal ini diluar perkiraan.

“Kami patut memberikan apresiasi terhadap para Wali Nagari di Kecamatan Kapur IX atas kekompakan mereka, sehingga masyarakat juga saling berangkulan menyukseskan kegiatan peringatan hari bersejarah Republik Indonesia ke-78 ini,” kata Bupati Lima Puluh Kota, Safaruddin, Sabtu (19/8/2023).

Ia sebut, meriahnya peringatan HUT RI pada tahun ini di Kapur IX merupakan bentuk penghargaan masyarakat atas perjuangan pahlawan yang telah mempersembahkan kemerdekaan bagi bangsa Indonesia.

Kemudian, kata Safaruddin, peringatan HUT RI kali ini menjadi momentum penting untuk memperkuat sinergi dan kolaborasi antar elemen masyarakat.

“Semua pihak harus dapat berkolaborasi dalam memajukan daerah serta meningkatkan kesejahteraan masyarakat, harapan ini sejalan dengan tema peringatan HUT kemerdekaan ke-78, yakni Terus Melaju untuk Indonesia Maju,” sebutnya.

Pihaknya berharap, Indonesia khususnya, Lima Puluh Kota terus melaju menuju kemajuan yang lebih besar. Bupati Safaruddin mengajak masyarakat di Lima Puluh Kota untuk mengisi kemerdekaan tahun ini dengan kegiatan positif, konstruktif dan partisipatif demi pembangunan Lima Puluh Kota yang lebih baik ke depan.

Sementara itu, Wakil Ketua DPRD, Syamsul Mikar merasa bersyukur atas keberhasilan Nagari Muaro Paiti yang telah sukses menjadi tuan rumah pelaksanaan peringatan HUT ke-78 Republik Indonesia terlebih Bupati Safaruddin hadir dalam penutupan perayaan HUT ke-78 RI kali ini.

“Kami harap agenda positif ini dapat berlangsung setiap tahunnya dan ke depan akan terus dihadiri oleh Bupati Lima Puluh Kota,” harapnya.

Kemudian Syamsul Mikar menegaskan, pentingnya mengenang serta menghargai jasa-jasa besar para pejuang kemerdekaan.

“Peringatan HUT RI bukan hanya merupakan momentum seremonial semata, tetapi juga penting untuk meneruskan semangat perjuangan tersebut demi membangun Indonesia yang maju, adil, sejahtera, dan berdaulat,” tutup Syamsul Mikar.

Pada kegiatan penutupan HUT RI di Kecamatan Kapur IX kali ini, turut dilaksanakan penyerahan seragam sekolah gratis bagi siswa SD dan SMP serta pembagian hadiah dari berbagai ajang lomba yang diadakan pada peringatan HUT ke-78 RI kali ini, di antaranya lomba keagamaan, olahraga, kesenian, dan kebudayaan.

Tidak hanya bupati, tampak hadir pada acara tersebut, Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP. PKK) Nevi Safaruddin, Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Lima Puluh Kota Syamsul Mikar bersama anggota DPRD di antaranya Syamsu Wirman dan Darlius serta Asisten III bersama belasan Kepala Perangkat Daerah di Lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lima Puluh Kota. (Warman)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini