Semakin Semerawut, Bangunan PT LUG Di Duga Bangunan Liar

0
103
Kepala Dinas Lingkungan Hidup Lingga, Joko Wiyono dan Kepala Dinas DPMPTSP, Saroha Hutagalung.

Bursakota.co.id, Lingga – Terkuak fakta bangunan milik PT. LUG di Kampung Sebilik, Desa Selayar, Kecamatan Selayar dibangun diluar Izin Usaha Pertambangan (IUP).

Hal ini dibenarkan oleh Kepala Dinas Lingkungan hidup (LH) Kabupaten Lingga Joko Wiyono saat melakukan kroscek kelapangan, ia mengatakan jika bangunan yang dibangun di area tersebut memang benar dibangun diluar IUP, Selasa (25/01/22).

“Jadi setelah dicek memang bangunan ini diluar lokasi tambang mereka, atau diluar IUP, apakah ini diperbolehkan, kita sudah berkoordinasi kepada Investor Tambang, apabila ini mendukung tambang maka tidak boleh dan harus dipindahkan di projek area dalam,” kata Kadis LH, Joko Wiyono.

Nah untuk menyikapi persoalan baik itu terkait izin persetujuan bangunan gedung (PBG), dan bangunan yang di dirikan diluar IUP, tentu menurut Kadis LH, Pemkab Lingga akan secepatnya melakukan koordinasi kepada Pemerintah Provinsi Kepri, sebab ranah untuk menilai dan pemberi sangsi merupakan kewenangan Provinsi Kepri.

“Yang pasti kami tetap akan berkoordinasi dengan pihak SDM dan Investor Tambang Pemprov Kepri, terkait langkah-langkah selanjutnya,” ujar Kadis LH.

Sementara itu, Kepala Dinas PTSP Kabupaten Lingga, Saroha Hutagalung mengatakan jika bunyi didalam izin tersebut adalah investasi batu granit, maka segala bentuk izinnya harus Include dan masuk dalam area proyek.

Sedangkan untuk surat izin, Hutagalung memastikan terkait surat izin Persetujuan Bangunan Gedung tidak pernah diserahkan maupun diketahui oleh pihak perizinan Kabupaten Lingga, oleh karenanya visa diasumsikan bangunan yang dibangun diluar tersebut diduga bangunan liar.

“Iya benar PTSP tidak pernah memegang surat izin persetujuan bangunan gedung ini,” pungkasnya.***(Iwan)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here