Status Gunung Marapi Naik Level, Bupati Eka Putra Laporkan Kondisi Terkini ke BNPB

0
125
Foto : Bupati Tanah Datar, Eka Putra, SE., M.M., melaporkan meningkatkannya status Gunung Marapi ke BNPB di Jl. Pramuka Jakarta Timur, Rabu (10/1/2024).

Bursakota.co.id, Tanah Datar – Menyikapi peningkatan status Gunung Marapi yang statusnya meningkatkan dari level II (waspada) ke level III (siaga), Bupati Tanah Datar Eka Putra, SE., MM., didampingi Asisten Administrasi Umum Jasrinaldi, Kadis Kominfo Yusrizal dan Kabag Prokopim Dedi Tri Widono melaporkan langsung kondisi terkini ke BNPB, di Jl. Pramuka Jakarta Timur, Rabu (10/1/2024).

Kedatangan bupati dan rombongan ke Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) disambut langsung Sekretaris Utama (Sestama) BNPB Dr. Rustian, S.Si., Apt., M.Kes., bersama Deputi Bidang Penanganan Darurat Mayjend TNI Fajar Setyawan, SIP., Inspektur Utama Yulianto, Ak., M.M., Kepala Biro Perencanaan Dra. Andi Eviana, M.Si., Kepala Biro Keuangan Tavip Joko Prahoro, S.E., M.M.,

Diiringi Kepala Biro Hukum dan Kerjasama Irma Dewi Rismayati, S.IP., M.A., Direktur Dukungan Sumber Daya Darurat Agus Riyanto, S.T., M.M., Direktur Optimalisasi Jaringan Logistik dan Peralatan Ir. Ibnu Asur, MM., dan Kasubdit Pemulihan Sarana Yustam Syahril, M.H.

Saat itu, Bupati Eka Putra dihadapkan Sestama BNPB dan jajarannya menjelaskan kondisi terkini akibat dampak erupsi Gunung Marapi yang sampai saat ini sudah lebih 700 kali erupsi.

“Akibat erupsi Gunung Marapi, dampak yang dialami masyarakat kami, terutama yang berada sekitaran lereng gunung Marapi adalah hujan abu vulkanik. Saat ini sudah ada lebih kurang 400 orang warga kami yang terjangkit penyakit radang tenggorokan (ispa), sehingga kami sangat membutuhkan bantuan masker,” kata Eka.

Lebih jauh, untuk mengatasi kondisi terburuk yang akan terjadi, Bupati Eka Putra juga menyampaikan beberapa kebutuhan perlengkapan dan kebutuhan yang harus disiapkan dalam waktu dekat ini.

“Seandainya terjadi hal terburuk yang tidak kita inginkan, tentunya kami sangat membutuhkan bantuan berupa tenda pengungsi, masker, dapur umum, logistik, makanan siap saji, obat-obatan, terpal, matras, pakaian dan yang lainnya untuk kebutuhan para pengungsi,” tuturnya.

Menanggapi apa yang disampaikan oleh Bupati Eka Putra, Sestama BNPB Dr. Rustian mengatakan, bahwa pihaknya membantu dan mendukung sepenuhnya.

“Kami siap membantu, yang terpenting Pak Bupati sampaikan dengan rinci kondisi reel yang terjadi di lapangan, apa saja yang dibutuhkan. Kami akan mendukung sepenuhnya,” katanya.

Pihaknya juga menyampaikan agar Pemerintah Daerah (Pemda) Tanah Datar menetapkan Siaga Darurat erupsi Gunung Marapi sejak dini, sehingga seandainya terjadi kondisi terburuk tinggal meningkatkan ke tanggap darurat bencana. (Warman/Prokopim)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini