Walikota Tanjungpinang Resmikan Bank Sampah Hangtuah Permai

0
9
Walikota Tanjungpinang, Rahma ketika meresmikan Bank Sampah Hangtuah Permai

Bursakota.co.id, Tanjungpinang – Sebagai langkah menjadikan Kota Tanjungpinang Bersih Bebas Sampah, Walikota Tanjungpinang, Hj. Rahma, S.IP, meresmikan Bank Sampah Hangtuah Permai, di Halaman Poskamling Perum Hangtuah Permai, Kelurahan Pinang Kencana, Minggu (21/2).

Rahma, S.IP mengapresiasi program Bank Sampah Hangtuah Permai (BSHP) sebagai upaya menjadikan Tanjungpinang Bersih Bebas Sampah.

“Saya sangat apresiasi kepada seluruh pengurus Bank Sampah Hangtuah Permai karena ini merupakan suatu pekerjaan yang mulia, selain membantu masyarakat hidup sehat sekaligus dapat mengubah sampah menjadi rupiah,” ungkapnya.

Rahma menambahkan, sampah masih dapat bermanfaat dan dapat menghasilkan dengan dikelola oleh Bank sampah. Ia juga berharap agar Bank Sampah ditempatkan di tempat yang representatif sehingga nilai estetika lingkungan dapat terjaga.

Dalam kesempatan itu, Rahma sekaligus mengimbau kepada warga perumahan hangtuah permai agar segera memiliki posko Covid-19.

“Karena posko Covid-19 ini perlu diterapkan untuk menjadi garda terdepan dalam membantu pemutusan rantai penyebaran Covid-19. Dengan adanya posko Covid-19 sesuai dengan amanah PPKM nomor 3 tahun 2021, ini menjadi penguatan untuk mengawal protokol kesehatan sampai ke berbasis mikro. Tentu berbasis mikro ini adanya di level RT/RW dengan koordinasi bersama camat dan lurah”, tutupnya.

Sementara itu, Ketua Bank Sampah Hangtuah Permai, Novsiah menjelaskan pelaksanaan Kegiatan Bank Sampah di wilayahnya. “Kegiatan dilaksanakan setiap tanggal 1 dan tanggal 15 setiap bulannya, jadi kami berharap masyarakat perumahan griya hangtuah permai dan perumahan ganet menjadi nasabah bank sampah kami. Saya yakin setiap rumah pasti dapat menghasilkan sampah yang masih bermanfaat setelah dipilah dari rumah masing-masing”, ujarnya.

Novsiah juga mengatakan, kedepan pengurus bank sampah hangtuah permai akan mendatangi sekolah-sekolah terdekat diantaranya SMP Negeri 16, SDN 013, TK Mawar dan SMA Negeri 7.

“Insyaallah kami akan menyampaikan kepada pihak sekolah untuk meneruskan kembali kepada muridnya bahwa dengan adanya bank sampah dapat membuat anak-anak tidak lagi membuang sampah sembarangan. Selain itu sampah yang memiliki nilai jual dapat ditabungkan kepada bank sampah untuk selanjutnya dibuat tabungan yang bernilai rupiah”, tambahnya.

Kegiatan diakhiri dengan penyerahan buku tabungan bank sampah secara simbolis kepada peserta BSHP dan pemotongan pita.

Hadir dalam kegiatan tersebut Plt. Kadis Lingkungan Hidup Samsudi S.Sos MH, Camat Tanjungpinang Timur Dody SE, Lurah Pinang Kencana M. Septian S.STP, Kabag Protokol dan Komunikasi Pimpinan S.Pt, M.Si, serta seluruh Peserta Bank Sampah Hangtuah Permai.***

Red

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here