57 Mahasiswa STAI Natuna Ikuti Pelatihan Jurnalistik

0
65

Bursakota.co.id, Natuna – Sebanyak 57 Mahasiswa Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Natuna, Kepulauan Riau (Kepri) mengikuti pelatihan Public Speaking dan Jurnalistik yang ditaja oleh himpunan mahasiswa komunikasi dan penyiaran Islam (HMKPI).

Kegiatan itu gelar selama satu hari bertempat di STAI Natuna, adapun pemateri pada kegiatan tersebut yakni Muhamad Patli tenaga Ahli Diskominfo Natuna dan Haryadi Ketua KNPI Kabupaten Natuna.

Ketua Pelaksana Kegiatan Urai Hanapi mengatakan dalam rangka mewujudkan jurnalis muda yang berani beraksi dan berani berkomunikasi, Ia bersama anggota HMKPI lainnya berinisiatif membuat pelatihan Public Speaking dan Jurnalistik.

“Pelatihan itu diikuti oleh 57 mahasiswa jurusan Komunikasi dan penyiaran islam. Kegiatannya mulai jam 09.00 berakhir jam 12 tadi siang,” ucap Hanapi, melalui telfon, Sabtu (19/11).

Muhamad Patli menyampaikan reformasi digital telah membawa perubahan pada bentuk produk Jurnalistik yakni berupa content digital, sehingga mahasiswa perlu memahami perubahan dan segera beradaptasi dengan hal itu.

“Pelatihan Seperti ini sangat efektif dalam membentuk lulusan yang tidak hanya baik secara akademik namun memiliki soft skill yang dapat menjadi bekal dalam memasuki dunia kerja setelah lulus nanti,” ucap Patli melalui sambungan telfon.

Patli berharap pihak kampus dapat mendorong mahasiswa untuk menciptakan ekosistem digital di lingkungan kampus, yang menjadi platfform bagi mahasiswa untuk bekarya serta memaksimalkan fungsi publikasi kampus secara khusus dan Kabupaten Natuna secara umum.

“Agar mahasiswa siap bertarung usai mengencam pendidikan dikampus,” ujarnya.

Selanjutnya Haryadi menyampaikan kemampuan public speaking adalah kemampuan dasar yang harus dimiliki oleh mahasiswa KPI dan sangat dibutuhkan dalam dunia pekerjaan oleh karna itu mahasiswa wajib memperlajarinya, jika tidak akan sulit untuk bertarung didunia kerja.

“Saya berharap setelah ini, kita dapat bekerjasama untuk membentuk Protokoler Kampus. Sehingga mahasiswa memiliki organisasi yang terstruktur yang dapat menjadi wadah bagi mahasiswa KPI untuk belajar tentunya dibawah bimbingan Prodi dan Bidang Humas STAI Natuna,” ucapnya.

Salah satu peserta Roza saputra mengaku senang sebab bisa mengetahui cara menjadi pembicara yang baik dan cara menjadi penulis yang cerdas.

“Kami bisa menjadi jurnalis yang baik dan sesuai dgn prosedur-prosedur yang ada dan harapann saya pelatihan ini tetap di laksanakan setiap tahunnya,” ucapnya.(Bk/Dika)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here