Basmi Hama Ulat, Kades Batu Gajah dan Dinas Pertanian Lakukan Penyemprotan Insektisida

0
318

Bursakota, Natuna – Sebagai upaya penanganan dan pencegahan merebaknya hama ulat yang mengganggu tanaman hingga perkarangan rumah warga di Desa Batu Gajah Kecamatan Bunguran Timur Kabupaten Natuna.

Pihak pemerintah Desa setempat dibantu Dinas Pertanian Kabupaten Natuna melakukan pencegahan dengan melakukan penyemprotan cairan lanet inteksida ke pohon nilap dan perkarangan warga yang mendapat serangan hama ulat, Sabtu pagi (13/06).

Nilap merupakan salah satu tanaman yang menjadi penghasilan tahunan bagi warga Desa Batu Gajah. Buah – buahan sejenis kelengkeng ini biasanya akan panen pada bulan Agustus setiap tahunya.

Untuk membasmi hama ulat, Dinas Pertanian Kabupaten Natuna, melalui Kasi Sumber daya Masyarakat (SDM) dan Penyuluhan, Ice Rifayanti beserta beberapa anggotanya terjun langsung melakukan penyemprotan bersama pihak desa untuk membasmi hama ulat.

“Sejauh ini, menurut saya masih hama biasa, karena ulat ini makan bunga tanaman dan daun, namun resikonya akan gagal penen setiap tanaman yang telah dimakan oleh ulat itu, karena bunga-bungan akan habis sebelum ulat-ulat berubah menjadi kupu-kupu,” papanya.

Kendati demikian, lanjut Ice pihaknya akan terus melakukan pemantauan tentang hama ulat yang menganggu tanaman Nilap warga dan meminta masyarakat tidak panik.

“Untuk cairan penyemprotan hama, kami menggunakan Lanet Intektisida 25 WP, jika terkena kulit kita tidak akan terinfeksi, sejauh ini cairan tersebut efektif untuk membasmi hama ulat yang mengganggu tanaman,” tambah Ice.

Disela-seal kegiatan penyemprotan Kades Desa Batu Gajah, Kurniawan menghimbau kepada seluruh masyarakatnya, supaya tetap menjaga kebersihan terutama dilingkungan rumah masing-masing.

“Saya himbau ke warga agar tetap menjaga kebersihan dilingkungan rumah kita masing-masing,”pinta Kurniawan.

Sementara sebagai antisipasi, pihaknya akan melakukan penyemprotan untuk membunuh hama ulat yang telah meresahkan warga.

Salah seorang warga pemilik tanaman nilap, Nurjibah mengaku hal ini baru kali ini terjadi.

“Selama saya tinggal disini, baru kali ini terjadi hal seperti ini, ulat-ulatnya sangat banyak memakan bunga tanaman nilap hingga habis” tuturnya.

Turut serta dalam kegiatan Ketua BPD, Wahyudin, Kepala Dusun Izhar, Ketua RT Senibung Ardin dan beberapa relawan dari Desa. (don).

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini