Bawaslu Natuna Gelar Sosialisasi Pengawasan Partisipatif

0
33
Bawaslu Natuna sosialisasi pengawasan partisipatif. (Foto Istimewa)

Bursakota.co.id, Natuna – Dalam rangka melaksanakan tugas dan fungsi melakukan pencegahan pelanggaran Pemilihan Umum (Pemilu), Badan Pengawas Pemilihan Umum (BANWASLU) Kabupaten Natuna, menggelar sosialisasi pengawasan partisipatif.

Giat berlangsung selama satu hari di Rumah Makan Sisi Basisir, Jalan Datuk Kayawan Mohammad Benteng, Kecamatan Bunguran Timur Kabupaten Natuna, Kamis (4/8/2022).

Ketua Bawaslu Kabupaten Natuna, Khairurrijal, dalam sambutannya mengatakan, Bawaslu tidak akan mampu melaksanakan pengawasan untuk mensukseskan pemilu jika hanya bekerja sendiri tanpa ada kerjasama.

“Kepada kaum muda mari kita awasi dan sukseskan pemilu nanti, memang adik-adik tidak punya hak untuk menindak terahadap pelanggar, namun adik-adik punya hak melapor,” kata Rijal, saat membuka acara sosialisasi.

Oleh kerna itu, Rijal berharap kepada pemuda Natuna, memiliki jiwa semangat untuk bekerjasama menyukseskan pelaksanaan kegiatan pemilu yang akan datang.

“Sosialisasi ini dengan tema, “Menggelorakan Pengawasan Partisipatif Berbasis Kaum Muda Menuju Memilu Bersih Bermartabat,” sebut Rijal.

Dalam amanatnya, Rijal juga meminta kepada rekan-rekan media bisa menyajikan informasi kepada masyarakat dengan memberitakan betepa pentingnya pengawasan pemilu tersebut.

“Sehingga masyarakat memahami tujuan pengawasan ini dilakukan, denan harapan masyarakat juga mau bekerja sama,” ujarnya.

Sosialisasi diikuti sebanyak 100 org peserta dari PJN, PWI, Komunitas Pengawas Partisipatif, Komunitas Muda Natuna, Kwarcab Pramuka Kabupaten Natuna, Mahasiswa STAI Natuna, Pelajar SMA Negari 1 Bunguran Timur, SMA 2 Bunguran Timur, Karang Taruna Ranai Kota, Forum Anak Natuna, Natuna Satra, Kompas Benua, Palang Merah Remaja, Jelajah Bahari, Pemuda Pencasila.

Adapun narasumbernya antaralain, Ketua KPU Kabupaten Natuna Junaidi, Ketua Bawaslu Khairurrijal, Anggota Bawaslu Ayanef Yulius, Ketua Komunitas Pengawasan Partisipatif Natuna Ade Muhammad Ramli.*(bk/dika)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here