Buka Bimtek PBJ, Sekda Natuna Berharap Peserta Lulus Ujian Sertifikasi Kompetensi Level I

0
97
Plh Sekda Natuna, Khaidir ketika memberikan sambutannya dalam acara Bimtek PBJ di Hotel Tren Central

Bursakotaco.id, Natuna – Pelaksanaan harian Sekretaris Daerah Kabupaten Natuna, Khaidir membuka secara resmi Bimbingan Teknis Pengadaan Barang dan Jasa Pemerintah dan Ujian Sertifikasi Kompetensi Level I tahun 2023.

Bimtek ditujukan untuk memberikan pembekalan serta referensi untuk memahami esensi atas ketentuan Pengadaan Barang dan Jasa (PBJ).

Acara di gelar di Hotel Tren Central, Jalan Pramuka, Kecamatan Bunguran Timur, Kabupaten Natuna pada Rabu (21/06/2023).

Plh Sekretaris Daerah Kabupaten Natuna, Khaidir dalam sambutannya mengatakan bimbingan teknis penting bagi aparatur pengadaan barang dan jasa karena pada dasarnya aparatur PBJ memiliki peranan penting dalam pelaksana anggaran.

“Bukan hanya itu saja, realisasi perencanaan pembangunan dan pertanggungjawaban dalam mewujudkan efektifitas, efisiensi dan transparansi anggaran pemerintah juga merupakan peranan PBJ,” jelas Sekda.

Lanjut Khaidir, Natuna sebagai salah satu wilayah perbatasan tidak jarang adanya perubahan informasi tentang regulasi pengadaan barang dan jasa sedikit terlambat diterima dan diterapkan.

Namun menurutnya, Pemkab Natuna terus berupaya menerapkan penyesuaian regulasi yang terus mengalami perubahan di tingkat pusat.

Lanjut diterangkan Haidir, pada tahun 2022 lalu aplikasi sistem informasi rencana umum pengadaan yang terunggah oleh setiap organisasi perangkat daerah Pemkab Natuna mencapai 96 persen. Sedangkan pada tahun 2023 mencapai 99 persen.

“Hal ini menggambarkan komitmen pemda begitu tinggi untuk mewujudkan optimalisasi penyerapan anggaran pembangunan melalui berbagai kebijakan yang ditetapkan LKPP,” sebutnya.

Apalagi terang Khaidir, saat ini sudah diterbitkan regulasi yang menetapkan bahwa pengguna anggaran, kuasa pengguna anggaran, pejabat pembuat komitmen, wajib memiliki sertifikat kompetensi pengadaan barang dan jasa pemerintah. Sehingga pemda harus memenuhi kebutuhan SDM tersebut.

“Saya harap saudara sekalian dapat lulus pada tahap ujian kompetensi pada akhir kegiatan. Sehingga tiap OPD memiliki sumber daya aparatur yang memiliki sertifikasi pengadaan barang dan jasa,” sebutnya.

Sementara Ketua Pelaksana sekaligus Kepala Bagian Unit Kerja Pengadaan Barang dan Jasa Kabupaten Natuna, Hendri Dunan, mengatakan pengadaan barang dan jasa memiliki peran penting untuk perekonomian nasional dan daerah. Sehingga dalam pelaksanaannya membutuhkan Sumber Daya Manusia (SDM) berkompeten, dan dipersyaratkan memiliki kompetensi.

Adapun tujuan kegiatan ini kata Hendri Dunan, yakni memberi pembekalan dan meningkatkan pengetahuan keterampilan peserta bimtek, sehingga peserta memiliki kompetensi pengadaan barang dan jasa, serta berhasil mengikuti sertifikasi level I.

“Sasarannya agar pelaku pengadaan barang dan jasa seperti Penguna Anggaran, Pejabat Pembuat Komitmen, dan pejabat pengadaan lainnya dapat memahami pengadaan barang jasa agar berjalan sesuai ketentuan berlaku,” sebutnya.

Kegiatan ini jelas Hendri Dunan, digelar selama 3 hari hingga tanggal 24 Juni 2023, dan diikuti oleh 52 peserta pengadaan barang dan jasa perwakilan seluruh OPD Pemkab Natuna.

“Untuk narasumber langsung dari Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang dan Jasa Pemerintah (LKPP) RI,” pungkasnya. (Bk/Dika)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini