Bupati Lima Puluh Kota Kembali Gelar Program Bajumpo, Ini Tujuannya

0
129
Foto : Bupati Safaruddin menggelar program "Bajumpo" di Nagari Andiang, Kecamatan Suliki, Jum'at (19/1/2024).

Bursakota.co.id, Lima Puluh Kota – Bupati Lima Puluh Kota Safaruddin, kembali melaksanakan program “Bajumpo” (Bupati Jum’at Manyapo). Setelah sukses terselenggara di Banja Loweh, Ampalu, Galugua, dan Koto Tinggi, berlangsung di Nagari Andiang, Kecamatan Suliki, Jum’at, (19/1/2024).

Bajumpo adalah interaksi ala Bupati Safaruddin dengan warganya, dilakukan tanpa batas dan sekat guna menjemput langsung aspirasi masyarakat di berbagai nagari di Lima Puluh Kota serta memastikan setiap pelayananan dasar yang diberikan pemerintah berjalan dengan baik.

Serangkaian kegiatan yang dilaksanakan Bupati di Nagari Andiang di antaranya pelayanan pembuatan dokumen kependudukan, cek kesehatan gratis, diskusi dengan 16 Kelompok Wanita Tani (KWT), pemberian bantuan pembangunan rumah ibadah, penyerahan bantuan BAZNas Lima Puluh Kota hingga pemberian bantuan benih jagung, durian, dan alpukat.

Safaruddin mengatakan, program Bajumpo merupakan sebuah inovasi yang ia cetuskan guna memastikan pelayanan pemerintah di nagari berjalan lancar yang dirangkai dengan penyerapan aspirasi dan penyaluran bantuan oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lima Puluh Kota.

Ia menjelaskan, dengan adanya program ini, setiap keluhan dan usulan itu menjadi catatan pribadi bagi dirinya dan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait yang mendampingi dalam program tersebut.

“Selain mendengarkan aspirasi, akan ada banyak hal lain yang akan dilakukan dalam program ‘Bajumpo’, seperti penyerahan bantuan sosial, penyerahan sertifikat dan bazar layanan OPD seperti pemeriksaan dan pengobatan gratis, pelayanan dokumen kependudukan dan lain sebagainya,” jelas Safaruddin.

Ia sebut, tidak sampai sebulan lagi akan dilaksanakan pemilihan Presiden dan DPR, Bupati mendorong Disdukcapil bekerja maksimal dalam memberikan pelayanan utamanya pengurusan KTP bagi masyarakat.

“Hal ini penting, guna memastikan masyarakat Lima Puluh Kota ikut andil dalam kontestasi lima tahunan tersebut,” ungkap Bupati Lima Puluh Kota itu.

Sementara itu, Warga Andiang, Eti, menyampaikan apresiasi atas terlaksananya program Bajumpo di Nagari Andiang.

“Kehadiran Bupati Lima Puluh Kota sangat dirindukan masyarakat Andiang, bisa bertegur sapa dan mendengarkan aspirasi masyarakat menjadi bukti kedekatan bupati dengan rakyatnya,” ucap Eti.

Ia menambahkan, jika kegiatan ini harus konsisten terlaksana. “Semoga kegiatan Bajumpo konsisten dilakukan Pak Bupati dengan mendengarkan segala keluhan masyarakat bisa langsung ditanggapi dan dicarikan solusinya untuk kemajuan Lima Puluh Kota,” imbuhnya. (Warman/Kominfo)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini