Bupati Safaruddin Jadi Pembina Upacara Peringatan Hari Pendidikan Nasional 2023

0
97
Foto: Bupati Limapuluh Kota, Safaruddin menjadi pembina upacara peringatan Hari Pendidikan Nasional 2023 di Lapangan Kantor Bupati 50 Kota, Bukik Limau, Sarilamak.

Bursakota.co.id, Limapuluh Kota – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Limapuluh Kota siap menggalakkan program merdeka belajar di seluruh sekolah dasar dan menengah yang ada di Kabupaten Limapuluh Kota.

Hal itu disampaikan Bupati Limapuluh Kota Safarudddin, saat menjadi pembina upacara peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) 2023 di Lapangan Kantor Bupati Limapuluh Kota, Bukik Limau, Sarilamak, Selasa (2/5/2023). Dengan mengangkat tema “Bergerak Bersama Semarakkan Merdeka Belajar.”

Bupati Safaruddin yang membacakan sambutan dari Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Mendikbud Ristek) Nadiem Makarim mengatakan, saat ini anak-anak peserta didik lebih tenang karena aktivitas pembelajaran mereka dinilai lebih holistik oleh guru.

“Sebanyak 24 episode Merdeka Belajar yang sudah diluncurkan membawa kita semakin dekat dengan cita-cita luhur Ki Hadjar Dewantara, yaitu pendidikan yang menuntun bakat, minat, dan potensi peserta didik agar mampu mencapai keselamatan dan kebahagiaan yang setinggi-tingginya sebagai seorang manusia dan sebagai anggota masyarakat,” kata Mendikbud Ristek dalam sambutannya yang dibacakan Bupati Safaruddin.

Dalam sambutannya ia menjelaskan, guru pun saat ini lebih bebas dalam memberikan materi pendidikan, dengan adanya kurikulum merdeka yang diterapkan.

“Para guru sekarang berlomba-lomba untuk berbagi dan berkarya dengan hadirya Platform Merdeka Mengajar,” tutur Safaruddin menyampaikan sambutan Nadiem.

Kurikulum Merdeka, kata Nadiem menekankan pembelajaran mendalam untuk mengembangkan karakter dan kompetensi dan seleksi masuk perguruan tinggi negeri pun sekarang fokus pada mengukur kemampuan literasi dan bernalar.

“Pada jenjang perguruan tinggi, adik-adik mahasiswa yang dulu hanya belajar teori di dalam kelas namun sekarang bisa melanglang buana mencari pengetahuan dan pengalaman di luar kampus dengan hadirnya program-program Kampus Merdeka,” tegasnya.

Nadiem juga menyinggung soal pendanaan dan pencairan langsung dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS), Bantuan Operasional Pendidikan (BOP) ke sekolah yang saat ini pemanfaatannya lebih fleksibel, dinilai telah memberikan keleluasaan bagi sekolah untuk meningkatkan kualitas pembelajaran.

Ia sebut, dengan perluasan program beasiswa, kesempatan untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang perguruan tinggi sekarang jauh lebih terbuka. Dukungan dana padanan untuk mendanai riset juga telah melahirkan begitu banyak inovasi yang bermula dari kolaborasi.

“Saudara saudariku, mari kita ingat, bahwa bersama-sama kita telah membuat sejarah baru dengan gerakan Merdeka Belajar,” ajak Bupati Safaruddin saat mengakhiri sambutan Mendikbud Ristek.

Setelah melaksanakan upacara peringatan Hardiknas 2023, Pemkab Limapuluh Kota turut memberikan penghargaan berupa piagam penghargaan Satya Lencana Karya Satya kepada para guru yang telah mengabdi selama 10, 20, dan 30 tahun serta pemberian Surat Keputusan Pensiun kepada para pegawai yang memasuki masa purna tugas.

Upacara Hardiknas turut diikuti oleh Sekretaris Daerah Widya Putra, unsur Forkopimda, para Asisten, Kepala Perangkat Daerah serta unsur Aparatur Sipil Negara (ASN) dilingkup Pemkab Limapuluh Kota dan seratusan pelajar dari sekolah tingkat SD, SMP, dan SMA. (*).

Kontributor : Warman

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini