Cegah Covid-19, Babinsa Koramil 07/Palmatak Lakukan Pengawasan Prokes Terhadap Penumpang Kapal Bahtera Nusantara 01

0
70

Bursakota.co.id, Anambas – Dalam rangka antisipasi penyebaran virus Covid-19 Babinsa Koramil 07/Palmatak Koptu Isnaeni Effendy bersama Tim Satgas Covid-19 Kecamatan Kute Siantan melaksanakan pengamanan dan pengawasan terhadap penumpang Kapal Bahtera Nusantara – 01 dari Natuna – Matak – Tanjung Uban, Selasa (29/12/2020).

Selain melaksanakan pengamanan dan pengawasan Babinsa Kodim 07/Palmatak, juga melakukan pengecekan suhu tubuh, pengecekan kelengkapan surat administrasi perjalanan, serta memberikan pengarahan kepada penumpang untuk tetap memakai masker setibanya ditempat tujuan, dan menganjurkan kepada penumpang yang sampai di tempat untuk mengkarantina diri selama 14 hari.

Turut terlibat dalam kegiatan tersebut antara lain, Polsek, Dishub pelabuhan, Satpol PP dan Tim kesehatan kecamatan.

Dijelaskan Koptu Isnaeni Effendy bahwa terdapat terdapat 46 orang, 26 penumpang turun, dan 20 penumpang yang melanjutkan perjalanan.

Lanjutnya, pengamanan ini bertujuan memberikan rasa aman dan nyaman baik untuk diri sendiri maupun orang di sekitarnya. Patuhi protokol kesehatan untuk mencegah penyebaran Covid-19,” ujarnya.

Lanjut Koptu Isnaeni Effendy, seluruh penumpang yang turun dari kapal penumpang langsung diarahkan untuk mencuci tangan terlebih dahulu sebelum meninggalkan area pelabuhan.

“Kami wajibkan semau penumpang harus cuci tangan saat turun dari kapal. Ini bagian dari upaya kita untuk mencegah dan memutus mata rantai penyebaran Covid-19,” jelasnya.

Ditempat terpisah, Komandan Kodim 0318/Natuna Letkol (Arm) Asep Ridwan, SH, M.Han mengatakan, bahwa Himbauan tersebut bukan saja ke pada para penumpang kapal saja tapi, menghimbau kepada para Nahkoda Kapal dan pengguna transportasi umum khususnya kapal laut agar selalu mematuhi Pemerintah untuk melasanakan 3M dengan selalu menggunakan masker, mencuci tangan dengan Sabun dan menjaga Jarak aman di semua aktifitasnya di masa pandemi Covid-19.

Lebih lanjut Dandim menjelaskan, kegiatan ini merupakan kebijakan dan perintah Pangdam 1/BB Mayjen TNI Hasanudin, S.I.P yang disampaikan kepada Danrem 033/WP Brigjen TNI Harnoto, S.Sos dengan adanya pengamanan dan pengawasan yang ketat serta selalu memberikan himbaun secara terus menerus kepada para penumpang serta Awak Kapal yang ada di pelabuhan mudah – mudahan dapat memutus mata rantai penyebaran dan penularan Covid-19,” pungkasnya.

Dari Natuna Untuk Indonesia

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here