Danlanud Raden Sadjad Ajak Generasi Muda Natuna Bergabung Menjadi TNI AU

0
14
Ket Foto : Danlanud RSA Natuna, Kolonel Pnb Dedy Iskandar, S.Sos., M.M.S., M.Han melakukan sosialisasi rekrutmen penyedian prajurit TNI AU Tahun 2024 bertempat Aula SMA Negeri 2 Ranai, Kecamatan Bunguran Timur, Kabupaten Natuna, Provinsi Kepulauan Riau, Senin (8/1/2024).

Bursakota.co.id, Natuna – Komandan Lanud Raden Sadjad (Danlanud RSA) Natuna, Kolonel Pnb Dedy Iskandar, S.Sos., M.M.S., M.Han., mengajak generasi muda Natuna bergabung menjadi prajurit TNI AU.

Hal ini disampaikannya pada sosialisasi rekrutmen penyedian prajurit TNI AU Tahun 2024 bertempat Aula SMA Negeri 2 Ranai, Kecamatan Bunguran Timur, Kabupaten Natuna, Provinsi Kepulauan Riau, Senin (8/1/2024).

Dalam sosialisasinya, Danlanud RSA menyampaikan bahwa rekrutmen prajurit TNI AU di Lanud Raden Sadjad sudah dibuka untuk tiga tingkatan, yaitu Taruna/Taruni Akademi Angkatan Udara (AAU), Bintara, dan Tamtama.

“Untuk Taruna/Taruni AAU dibuka pada bulan Februari – April 2024, Bintara Gelombang pertama dibuka bulan Januari s.d. Februari 2024, Gelombang kedua Juli s.d Agustus 2024 dan Tamtama dibuka Mei s.d Juni 2024,” paparnya.

Danlanud RSA juga menyampaikan bahwa persyaratan umum untuk mendaftar menjadi prajurit TNI AU adalah sebagai berikut:
• Warga Negara Indonesia (WNI)
• Pria atau wanita
• Bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa
• Berumur 17 sampai dengan 22 tahun untuk Taruna/Taruni AAU, baik Bintara dan Tamtama
• Berijazah minimal SMA/SMK/MA sederajat
• Sehat jasmani dan rohani
• Memiliki tinggi badan sekurang-kurangnya 163 cm untuk pria dan 157 cm untuk wanita serta memiliki berat badan seimbang menurut ketentuan yang berlaku.

Tidak memiliki catatan kriminal
Danlanud RSA merupakan Alumni AAU ’98 berharap tahun ini para siswa SMA Negeri 2 Ranai maupun SMA lainnya banyak yang mengikuti rekrutmen prajurit TNI AU. Menurutnya, menjadi prajurit TNI merupakan sebuah kebanggaan dan kehormatan.

“Menjadi prajurit TNI merupakan sebuah kebanggaan dan kehormatan. Kalian akan mendapatkan pendidikan dan pelatihan yang terbaik, sehingga kalian dapat menjadi prajurit yang profesional dan tangguh,” kata Danlanud RSA.

Selain itu, Danlanud juga memberikan motivasi kepada siswa-siswa dengan memutar film perjalanannya dimulai sejak Taruna AAU hingga menjadi Danlanud RSA Natuna.

Film tersebut menceritakan tentang perjuangan dan pengorbanan yang harus ditempuh oleh seorang pilot prajurit TNI AU untuk dapat meraih cita-citanya.

Ia menambahkan materi tentang persyaratan, tahapan, dan jadwal seleksi penerimaan prajurit TNI AU.

Selain itu juga menyampaikan tentang berbagai macam profesi yang dapat dipilih oleh calon prajurit TNI AU, antara lain yaitu mulai dari pilot, navigator, teknisi, elektronika, polisi militer, pasukan gerak cepat (Pasgat), administrasi, intel dan lainnya.

Sosialisasi rekrutmen prajurit TNI AU ini mendapat respons positif dari siswa siswi SMA Negeri 2 Ranai. Para siswa terlihat antusias mengikuti sosialisasi ini dan mengajukan berbagai pertanyaan kepada Danlanud RSA.

Pada sesi tanya jawab, Danlanud juga memberikan merchandise kepada siswa-siswi yang bertanya terkait dengan rekrutmen TNI AU. Merchandise tersebut berupa topi, gantungan kunci, sticker dan name tag pesawat TNI AU.

Pemberian merchandise sebagai bentuk apresiasi dan motivasi kepada siswa-siswi yang tertarik untuk bergabung dengan TNI AU.

Selain itu, pemberian merchandise ini juga diharapkan dapat meningkatkan antusiasme siswa-siswi terhadap TNI AU.

Dari hasil sosialisasi tersebut, diketahui bahwa antusiasme siswa-siswi terhadap TNI AU sangat tinggi. Tampak terlihat dari banyaknya pertanyaan yang diajukan oleh siswa-siswi kepada Danlanud RSA.

Sementara itu, Wakil Kepala Sekolah SMA Negeri 2 Ranai, Khairunisa S.Ag., menyampaikan suatu kehormatan bagi kami atas kegiatan sosialisasi ini.

Ia berharap agar dari 100 siswa yang mengikuti sosialisasi ini ada yang dapat menjadi Prajurit TNI Angkatan Udara.

“Suatu kehormatan bagi kami atas kegiatan sosialisasi ini. Kami juga berharap dari siswa-siswi yang mengikuti sosialisasi ini dapat menjadi Prajurit TNI Angkatan Udara,”ucapnya.

Sosialisasi penerimaan prajurit TNI AU di SMA Negeri 2 Ranai berjalan dengan lancar dan sukses. Sosialisasi ini diharapkan dapat memberikan informasi yang bermanfaat bagi para siswa-siswi yang tertarik untuk bergabung dengan TNI AU.

Editor : Dika

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini