Direktorat Sarpras Kemendes Survei Wilayah yang Akan Dikembangkan Menjadi Objek Wisata Bahari di Desa Batu Gajah

0
727
Perwakilan Direktorat Sapras Kementerian Desa, Novrizal Wahyudi tiba di Kampung Sebala untuk melakukan survei lokasi yang akan di kembangkan menjadi objek wisata bahari di Desa Batu Gajah

Bursakota.co.id, Natuna – Perwakilan Direktorat Pembangunan Sarana dan Prasarana Kawasan Perdesaan Kementerian Desa, Novrizal Wahyudi melakukan survei dan identifikasi program pelaksanaan pengembangan dukungan objek wisata di Desa Batu Gajah.

Diketahui Desa Batu Gajah merupakan salah satu desa yang akan diberikan bantuan kucuran dana APBN tahun 2023 melalui dana aspirasi dari Anggota Komisi V DPR RI Dapil Kepri, Cen Sui Lan.

Dana ini akan di gunakan untuk membangun objek pariwisata laut berupa wisata bahari.

Kepada Bursakota.co.id Novrizal menjelaskan hasil survei yang ia lakukan hari ini adalah untuk melihat perspektif wilayah yang akan dikembangkan menjadi objek wisata tersebut.

“kalau melihat dari hasil survei kita hari ini potensi wisatanya itu ada, yaitu wisata laut atau wisata bahari dan juga ada hutan mangrove yang punya nilai view untuk dijadikan spot foto bagi masyarakat dan pelaku wisata yang akan berkunjung,” ungkapnya.

Ia meyakini, pengembangan wisata bahari ini akan mejadi cikal bakal embrio pendongkrak wisata di desa Ini berkembang sehingga mampu menjadi PADes dari sektor pariwisata.

“tentunya hal ini perlu dukungan dari seluruh stakeholder terutama dari masyarakat, Pemdes, Pihak Kecamatan, Pemerintah Kabupaten bahkan hingga pemerintah Pusat sehingga nanti bersama-sama bisa mewujudkan berwisata ke desa saja,” terangnya.

Novrizal sedikit berpesan kepada seluruh kalangan baik pemerintah desa maupun masyarakat Batu Gajah sendiri agar selalu menjaga kebersihan laut.

“Kita berharap nanti dengan di tetapkan Desa Batu Gajah sebagai desa wisata tidak ada lagi sampah berserakan sehingga mencemari laut, karena hal ini akan mempengaruhi keindahan dan estetik wisata itu sendiri,” jelasnya.

Selain itu, Novrizal juga menyampaikan terimakasih atas sambutan dari seluruh masyarakat Desa Batu Gajah khususnya masyarakat Kampung Sebala.

“Hari ini saya di bawa berkeliling menggunakan perahu nelayan mengitari lokasi yang akan di jadikan objek wisata di Batu Gajah, ini pengalaman yang sangat luar biasa,” sebutnya.

Terakhir ia juga berpesan kepada Pemerintah Desa agar segera menyiapkan segala persyaratan yang diperlukan untuk menyambut pembangunan objek wisata ini.

“Tentunya ini anugerah yang luar biasa untuk Desa Batu Gajah, manfaatkan peluang ini sebaik mungkin,” tutupnya.

Sementara Kepala Desa Batu Gajah, Kurniawan Sindro Utomo menyampaikan ucapan terimakasih atas kehadiran dari Direktorat Pembangunan Sarana dan Prasarana Kawasan Perdesaan Kementerian Desa di Desa Batu Gajah.

“sebuah penghargaan yang begitu tinggi bagi kami Pemerintah Desa dan Masyarakat karena hari ini hadir di sini orang kementerian langsung di Kampung kami,” ungkap Kur.

Terkait pengembangan Desa Batu Gajah menjadi desa wisata, Kur berharap dukungan dari seluruh stakeholder.

“Terutama dari Dinas Pariwisata Kabupaten Natuna juga dari kementerian tak lupa juga dari seluruh masyarakat Desa Batu Gajah,” terang Kur.

Sedangkan untuk persyaratan yang harus di penuhi oleh pemerintah desa sebagai perpanjangan tangan pemerintah pusat dalam membangun objek wisata bahari di Kampung Sebala Kur mengatakan dirinya bersama seluruh perangkat desa akan melakukan yang terbaik dan seefektif mungkin.

“pembangunan wisata bahari ini tentunya memiliki banyak sekali manfaat bagi desa maupun masyarakat, untuk itu kami pemerintah desa akan melakukan yang terbaik,” terangnya.

Kur juga berharap pengembangan objek wisata bahari di Kampung Sebala dapat segera terealisasi sehingga mampu menjadi pendongkrak perekonomian masyarakat. (Bk/Dika)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini