Disparbud Tuba Gelar Festival Megow Pak, Ada Pemilihan Muli dan Meghanai

0
24
Festival Megow Pak Tulang Bawang (Foto Istimewa)

Bursakota.co.id, Tuba – Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kabupaten Tulang Bawang, menggelar perlombaan acara Festival Megow Pak Tulang Bawang.

Perlombaan ini melibatkan berbagai kalangan elemen lapisan masyarakat, yang bertujuan Pariwisata Daerah dalam menyongsong budaya lokal, pada HUT Tulang Bawang ke-25.

Dalam kegiatan Festival Megow Pak ini digelar pemilihan Muli (Gadis) dan Meghanai (Bujang) Tulang Bawang tahun 2022, ini adalah suatu ajang pemilihan Pemuda dan Pemudi Daerah untuk menjadi Duta Wisata Kabupaten Tulang Bawang, hingga sampai tingkat Nasional.

Kabid Pariwisata dan Kebudayaan Tulang Bawang Apriansyah SH.MH., yang mewakili Kepala Dinas Pariwisata Tuba Drs. Ismed Roni, MH., menyatakan berbagai kegiatan digelar dalam Festival Megow Pak, salah satunya Ajang pemilihan Muli dan Meghanai Kabupaten Tulang Bawang.

“Even ini merupakan agenda rutin setiap tahun digelar oleh Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Tulang Bawang,”ucap Apriansyah, Sabtu (12/03/2022).

Lanjut Apriansyah, untuk pemilihan peserta ini berbagai tahapan, juri akan seleksi dan memberi penilaian yang sangat berkompenten dan kelak yang terpilih akan menjadi Duta Wisata kabupaten berjuluk, “Say Bumi Nengah Nyappur”, baik itu dari Wisata Budaya, dan Wisata Kuliner, serta Wisata Religi.

Masih kata Apriansyah, Festival ini selain pemilihan Muli dan Meghanai juga untuk mencari pemuda dan pemudi, terbaik yang nantinya akan dikenalkan Budaya Tradisi dan tempat Ajang Nasional, bahkan diharapkan juga di Manca Negara.

Untuk peserta pemilihan Muli dan Meghanai ini pesertanya Pemuda dan Pemudi berprestasi, dari perwakilan masyarakat Megow Pak, baik kalangan masyarakat umum, pelajar hingga perwakilan Organisasi Perangkat Daerah (OPD), pada Lingkup Pemerintah Kabupaten Tulang Bawang.

Tentunya juga dengan kemampuan dan berbahasa, penampilan, menarik dan memiliki Ilmu pengetahuan Seni Budaya, Pendidikan, Sosial dan pengetahuan Umum, tentunya khusus Wisata Daerah- Kabupaten Tulang Bawang Lampung.

60 peserta ajang pemilihan Muli dan Meghanai Festival Megow Pak tahun 2022 ini sudah melalui seleksi pada hari Sabtu, 12 Maret 2022 dengan kegiatan Test secara tertulis dan interview dilanjutkan pada tanggal 13 Maret pelaksanaan malam Talent Show.

“Pertunjukan bakat para peserta, hingga tanggal 18 Maret mendatang adalah puncak acara sekaligus untuk penetapan peserta yang terpilih pasangan Muli dan Meghanai, juga Duta Wisata Kabupaten Tulang Bawang, telah berhak mengikuti even selanjutnya,”paparnya.

Lanjut, Apriansyah untuk pemenang pemilihan Muli dan Meghanai, Kabupaten Tulang Bawang pada tahun 2022, selain Tropi dan Piagam pemenang akan mendapatkan uang pembinaan, bentuk apresiasi untuk meningkatkan potensi wiasat dari Pemerintah Daerah Kabupaten yang lansung di berikan oleh Bupati Tulang Bawang, Dr. Hj. Winarti,”pungkasnya.

Tempat terpisah, salah satu perwakilan peserta pemilihan Muli dan Meghanai tahun 2022, Ilham Handika Algapiki Akbar dinya menyatakan menyatakan sangat antusias dan bangga bisa ikut berpartisipasi dalam kegiatan pemilihan Muli dan Meghanai Kabupaten Tulang Bawang tahun 2022.

“Saya sangat antusias, serta sungguh-sungguh untuk mengikuti rankai kegiatan pemilihan Muli dan Meghanai dari panitia penyelenggara untuk senjutnya terpilih menjadi Duta Pariwisata, Megow Pak Tulang Bawang,” ujarnya, Sabtu (12/03/2022).

Rasa bangga juga disampaikan, oleh Ilham Handika Algapiki Akbar, bahwa sebagai peserta, ia dikenalkan dengan Destinasi Wisata Daerah Kabupaten Tulang Bawang yang berberpotensi menghadirkan pariwisata yang kaya dengan aneka ragam Seni Budaya dan tradisi lokal yang unik dan belum di ketahui oleh masyarakat Luas. (Zulkifli)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here