Flying Adventure Tourism, Tonggak Awal Pariwisata Kedirgantaraan Kepri

0
72
Gubernur Kepri menekan sirine tanda progam Flying Adventure Tourism resmi diluncurkan

Bursakota.co.id, Kepri – Sektor Pariwisata Kepri, selain menjual keindahan alam, sport tourism juga menjadi sektor yang terus didorong untuk dikembangkan.

Sebagai contohnya, Flying Adventure Tourism atau Pariwisata Kedirgantaraan menjadi sektor pariwisata terbaru yang diperkenalkan di Kepri.

Gubernur Kepri H. Ansar Ahmad secara simbolis menekan sirine peluncuran Program “Flying Adventures Kepri” yang diselenggarakan oleh Flybest Aviation di Plaza Bandara Raja Haji Fisabilillah Tanjungpinang, Sabtu (23/7) yang digadang-gadang sebagai tonggak awal pariwisata kedirgantaraan di Kepri.

Pada kesempatan tersebut juga dilaksanakan pengenalan dan deklarasi Asosiasi General Aviasi Indonesia (AGAI) oleh Ketua AGAI yang juga kepala Basarnas RI Henri Alfiandi. AGAI merupakan organisasi non profit, non pemerintahan, non partai dan non sara yang didirikan pada 7 Juli 2022 di Jakarta.

AGAI memiliki misi memajukan perkembangan general aviation di Indonesia dengan dilindungi perundang-undangan sehingga menunjang perkembangan industri penerbangan Indonesia.

Gubernur kepri, Ansar Ahmad ketika menyampaikan pidatonya

Acara diawali dengan pertunjukan aerobatik oleh pilot aerobatik senior Indonesia yang juga Purnawirawan TNI, Eris Herryanto. Pria berusia 69 tahun tersebut berhasil memukau pengunjung dengan beberapa atraksi dan trik akrobatiknya.

Untuk Informasi, Eris merupakan salah satu Pilot TNI AU yang dipercaya menerbangkan pesawat tempur pabrikan Amerika Serikat, F-16 dari ‘rumah’-nya di Dallas Fort Worth menuju Lanud Iswahjudi, Magetan, Jawa Timur di tahun 1990. Kini Eris dipercaya sebagai Dewan Penasehat AGAI.

Gubernur Ansar dalam sambutannya mengaku bangga Flybest Flying Adventures dihelat di Kepri. Dengan letak strategis serta berada diantara 4 choke points, Gubernur Ansar concern bersama pemerintah pusat mengoptimalkan potensi-potensi di Kepri.

“Dalam membangun Kepri, menggunakan 2 strategi pembangunan. Yang pertama sektor advantage pembangunan dan yang kedua regional advantage pembangunan. Keduanya dipadukan agar semua dapat dikembangkan. Termasuk potensi kedirgantaraan dengan spektrumnya yang sangat luas. Tidak hanya olahraga dirgantara, tapi juga pariwisata dirgantara,” ujar Gubernur Ansar.

Untuk itu dalam berbagai kesempatan Gubernur Ansar selalu mendorong pengayaan berbagai event nasional dan internasional. Pihaknya terus mengembangkan linkage tourisme karena tiap kabupaten dan kota di Kepri memiliki panorama dan objek wisata unik tersendiri.

“Kita juga terus mendiversifikasi berbagai alternatif kepariwisataan. Juga akan mengeksplor peluang-peluang untuk mengembangkannya termasuk apa yang baru saja kita luncurkan hari ini” kata Gubernur.

Gubernur Kepri, Ansar Ahmad berkeliling melihat pesawat yang akan digunakan pada Flying Adventure Tourism

Gubernur juga mengapresiasi hadirnya AGAI di Indonesia dan Kepri khususnya. Gubernur yakin kehadiran AGAI akan mampu memfasilitasi semua asosiasi aviasi dalam rangka menyemarakkan berbagai kegiatan kedirgantaraan.

“Juga kepada Pak Eris yang menunjukkan pada kita semua bahwa umur bukan sebuah penghalang terhadap sesuatu yang kita cintai, rasa salut dan bangga saya kepada Pak Eris. Mudah-mudahan akan lahir Pak Eris baru dari Kepri yamg dapat melanjutkan visi dan misi kedirgantaraannya,” tutup Gubernur Ansar.

Kegiatan diakhiri dengan penyerahan bantuan sosial dari Lanud RHF dalam rangka Hari Bakti TNI AU ke 75 yang disejalankan dengan donor darah dan pemeriksaan kesehatan gratis kepada masyarakat. (Bk/Adv)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here