Inspektorat Lingga Apresiasi Kinerja BPD Sungai Buluh

0
149

Bursakota.co.id, Lingga – Inspektur Inspektorat Kabupaten Lingga berikan apresiasi kepada Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Sungai Buluh, atas kinerja yang telah dicapai pada anggaran tahun 2020.

Hal tersebut terlihat dari pemaparan laporan kinerja BPD Sungai Buluh, di Gedung Serba Guna Desa Sungai Buluh, Kecamatan Singkep Barat, Kabupaten Lingga, Rabu (7/4/2021).

Kegiatan tersebut juga dihadiri oleh Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD), OPD Kecamatan Singkep Barat, beberapa BPD Desa lain, Kepala Desa Sungai Buluh, Kepala Dusun, beserta RT/RW, serta undangan yang hadir.

Ketua BPD Sungai Buluh, Muhammad Ali Hanafi menjelaskan, bahwa laporan kinerja BPD Sungai Buluh pada 2020 ini merupakan laporan yang ketiga kali.

Hanafi menjelaskan, untuk anggaran 2020, pihaknya tetap mengerjakan apa yang sudah menjadi topoksi, yaitu dalam menampung segala aspirasi masyarakat, yang telah dilakukan secara maksimal dari kelembagaan desa, mulai dusun I, II dan dusun III.

“Untuk rancangan-rancangan peraturan desa, kami sudah membahas dan menyepakati ada 13 rancangan peraturan desa pada Januari hingga Desember 2020,” kata Hanafi, saat ditemui seusai kegiatan.

Hanafi lalu menjelaskan, dalam pengawasan pihaknya melakukan monitoring dan evaluasi terhadap pelaksanaan-pelaksanaan kegiatan pembangunan dalam beberapa kali.

“Untuk evaluasi laporan pertanggungjawaban Kepala desa, kami lakukan evaluasi secara profesional dan secara objektif. Kita tidak merekayasa laporan yang kita buat, laporan itu sesuai fakta di lapangan,” jelasnya.

“Alhamdulillah, masyarakat sampai saat ini masyarakat merasa puas dari pelayanan baik dari pemerintah desa, maupun kepada BPD,” sambungnya.

Pihaknya juga beberapa kali telah melakukan kunjungan kerja ke beberapa desa di Kecamatan Lingga Utara, dalam rangka berbagi pengalaman dan pengetahuan untuk menjalankan tugas dengan baik.

“Jika laporan ini belum maksimal, jadi kami mohon tunjuk ajar dari dinas-dinas terkait, supaya kedepannya akan semakin bagus dan semakin baik,” tutur Hanafi.

BPD Sungai Buluh juga memberikan apresiasi dan penghargaan kepada lembaga PAUD Kelompok bermain Permata Bunda Desa Sungai, karena aktivitasnya yang sangat rutin dan bermanfaat bagi masyarakat.

“Lembaga PAUD ini mereka rajin, tertib, dan disiplin dalam menyampaikan laporan kegiatan bulan. Apresiasi ini sebagai bentuk motivasi kepada PAUD ini sendiri, yang telah bermanfaat untuk masyarakat dan pemerintah desa sendiri,” ucap Hanafi.

Menanggapi laporan BPD, Inspektur Inspektorat Kabupaten Lingga, Said Sudradjad memberikan apresiasi atas kinerja yang dilakukan oleh BPD.

Ditambah lagi, Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Bina Usaha Bersama Sungai Buluh meraih ranking pertama BUMDes terbaik se-Provinsi Kepri tahun 2020.

“Banyak saya lihat prestasi prestasi yang ada di Desa Sungai Buluh ini. Apalagi, laporan yang diselesaikan BPD Sungai Buluh ini merupakan yang ketiga kali dan memang bukan hal yang mudah,” kata Said Sudradjad.

Selain itu, Desa Sungai Buluh juga memiliki berbagai sektor yang aktif, baik itu wisata, pertanian, pertenakan, perikanan, maupun kegiatan aktif dari Sanggar Seni Diram Perkase.

Laporan : Iwan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here