Kapolres Bersama OPD Natuna Sosialisasi Pencegahan Covid -19 di Pelabuhan Penyeberangan Binjai

0
283

Bursakota, Natuna – Kapolres Natuna AKBP Ike Krisnadian ,S.I.K bersama Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD), PA Biddokes Polda Kepri, melakukan sosialisasi pencegahan penyebaran Covid-19, di pelabuhan penyeberangan Desa Binjai Kecamatan Bunguran Barat, Kamis sore 19 Maret 2020.

Dalam kesempatan itu, Kapolres melakukan sosialisasi dengan cara Destancing mengunakan penyemprotan cairan Desinfektan, cuci tangan dengan cairan berakohol dan mendeteksi suhu panas badan mengunakan alat termometer terhadap penumpang di pelabuhan Binjai.

Kegiatan sosialisasi ini bertujuan untuk mencegah penyebaran Covid-19 yang saat ini kian merebak di berbagai belahan dunia termasuk di Indonesia.

Satu persatu, penumpang kapal cepat tujuan Binjai ke Sedanau dilakukan pengecekan suhu tubuh dengan menggunakan alat termorek pengukur suhu badan .

Disamping itu, upaya pencegahan penyebaran Covid-19 ini juga dilakukan penyemprotan cairan Desinfektan disejumlah tempat ruangan tunggu penumpang, seperti kursi ruang tunggu, pagar pelabuhan,WC serta sisi-sisi pintu dan toilet.

Dalam kesempatan itu, AKBP Ike Krisnadan,S.I.K.M.Si menghimbau, agar masyarakat Natuna tidak panik dengan keadaan seperti saat ini. Tetap jaga kesehatan dan rajin berolah raga.

“Kita sekarang harus tetap siaga dan waspada. Kita siaga satu pandemik Covid-19, kita harus mengedepankan yang namanya sosial, seperti menjaga jarak komunikasi dengan orang lain, dan rajin berolah raga,”himbau Ike.

Pada kesempatan sama, Direktur Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Natuna, Dr. Medi, mengakui sampai detik ini pihaknya belum menerima pasien saspek ataupun positif terpapar Covid-19.

Meski demikian, Medi menghimbau masyarakat agar tetap meningkatkan kewaspadaan terhadap virus yang mematikan tersebut, dengan cara perilaku pola hidup bersih dan sehat.

“Sejauh ini, kita di Natuna masih aman-aman saja, kita belum ada menerima pasien saspek Codiv-19, apalagi yang positif Covid-19. Namun tetap waspada akan penyakit dengan cara PHBS,”himbau dr. Medi.

Lanjut Medi, meskipun saat ini alat medis di RSUD Natuna belum mampu memastikan Covid-19 pada pasien, namun pihaknya saat ini telah menyiapkan sejumlah ruang isolasi bagi masyarakat yang terindikasi Covid-19.

“Jika ada kedapatan pasien yang terindikasi Covid-19, kita bawa sampel darahnya dan pasien tersebut kita rujuk ke Rumah Sakit Kesehatan yang sudah di tetapkan oleh Pemerintah dalam menangani pasien Covid -19,”tambahnya.

Turut hadir dalam kegiatan sosialisasi pencegahan Covid – 19 di pelabuhan Binjai diantaranya, Waka Polres Natuna dan anggota, Ka Biddokes Polda Kepri, Kadis Perhubungan, Kepala Kantor SAR, Kadis Damkar, dan sejumlah anggota Polres Natuna.

Editor : Papi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here