Kemeriahan Hari Jadi ke-20 Kabupaten Lingga Ditandai dengan Pawai Budaya dan Rekor MURI 1000 Tudung Manto

0
132
Ket Foto : Pawai Budaya dan Rekor 1000 Tudung Manto, yang diselenggarakan di halaman kantor Bupati Lingga pada Minggu, 18 November 2023

Bursakota.co.id, Lingga – Pada Hari Jadi ke-20 Kabupaten Lingga tahun 2023, Pemerintah Kabupaten Lingga menyelenggarakan Pawai Budaya dan Rekor 1000 Tudung Manto, yang diselenggarakan di halaman kantor Bupati Lingga pada Minggu, 18 November 2023, dimulai pukul 13.00 WIB.

Acara pawai ini menjadi bagian dari rangkaian kegiatan perayaan Hari Jadi Kabupaten Lingga ke-20, yang bertujuan untuk menghibur masyarakat setempat.

Ribuan peserta dari berbagai OPD, kecamatan, kelurahan, pelajar, instansi vertikal, dan sekolah berpartisipasi dalam pawai ini, menampilkan keberagaman budaya Nusantara untuk memperlihatkan potensi keragaman suku, agama, dan budaya di Kabupaten Lingga.

Acara dimulai dengan pertunjukan tari, silat, pantun, teater Melayu, dan beragam seni budaya Melayu yang ditampilkan oleh OPD masing-masing, menambah semarak dalam pawai.

Sementara mobil hias dari berbagai instansi menampilkan kreativitas dalam menyampaikan program dan kegiatan pembangunan yang telah dilaksanakan.

Sejumlah tokoh penting seperti Bupati Lingga M. Nizar, Ketua TP-PKK Kabupaten Lingga Maratusholiha, Ketua DPRD Lingga Ahmad Nasiruddin, Sekda Lingga H. Armia, para pejabat militer, anggota DPRD, Kementerian Pariwisata, dan sejumlah OPD turut hadir dalam acara tersebut, memberikan sambutan serta memberikan dukungan pada peserta pawai.

Pawai ini juga disaksikan oleh ribuan warga sepanjang jalan Kelurahan Daik Lingga, meskipun cuaca terik. Warga tampak antusias menyaksikan penampilan peserta pawai.

Bupati Lingga, M. Nizar menyampaikan, “Semoga ini memberikan gambaran bahwa Pemkab Lingga telah berupaya dan capainya kita tunjukkan kepada masyarakat.”

Dia juga mengucapkan terima kasih kepada Jaya Suprana yang telah turut berkontribusi dalam pencapaian rekor MURI dengan pemakaian tudung manto terbanyak.

Pada kesempatan yang sama, Kementerian Pariwisata melalui Direktur Hubungan antara Lembaga Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif menyatakan kesiapan mereka untuk menjalin kerjasama lebih lanjut dengan Kabupaten Lingga, mengingat potensi wisata budaya dan alam yang luar biasa di daerah ini.

Pemerintah Kabupaten Lingga melihat peluang strategis untuk menjalin kerjasama dengan negara tetangga seperti Malaysia dan Singapura, yang sering melintasi wilayah Kepulauan Riau dalam perjalanan mereka.

Pemerintah Kabupaten Lingga, melalui Dinas Pariwisata, menunjukkan kesiapannya untuk menjalin kerjasama luar negeri, khususnya di Kepulauan Riau, yang menjadi jalur transportasi bagi banyak negara tetangga sebelum mencapai pulau Sumatera dan Bali.(Bk/Iwan)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini