Kesbangpol Lingga Adakan Rakor Tim Kewaspadaan Dini Pemda Kabupaten Lingga Semester II

0
212

Bursakota.co.id, Lingga – Bertempat di Hotel Prima Iin Dabo-Singkep Pemerintah Kabupaten Lingga melalui Kepala Kesatuan Bangsa dan Politik Kabupaten Lingga pada Rabu (11/11/2020), laksanakan rapat koordinasi Tim Kewaspadaan Dini Kabupaten (TKD) dalam menyongsong Pemilu 2020.

Turut Hadir, Camat Sekabupaten Lingga, OPD Lingga, Danramil Dado – Singkep, Polres Lingga.

Dalam sambutannya Armia selaku Kepala Kesatuan Bangsa dan Politik Kabupaten Lingga menyampaikan,”Bahwa ada sejumlah hal yang menjadi PR penyelenggara Pemilu, pemerintah dan masyarakat untuk menghadapi Pemilu 2020. Misalnya : partisipasi pemilih, peran petugas pemilu di lapangan, masalah hoaks, hingga black campaign yang kontestasinya semakin meningkat,”ucapnya.

Oleh karena itu pada kesempatan ini Kesbangpol Lingga Menghadiri Dua Nara Sumber sekaligus dari polres lingga melalui kanit intel I bidang Politik David Yulianta dan Kodim 0315/Bintan Melalui Danramil 04/Dabo Singkep Ismarli untuk memaparkan kesiapan lembaga penyelenggara pemilu ini dalam melaksanakan dan menyukseskan Pilkada Lingga pada 9 Dedember 2020 mendatang.

Diwaktu yang bersamaan Danramil 04/Dabo-Singkep Ismarli menyampaikan, proses deteksi dini dan antisipasi risiko konflik sosial oleh Koramil 04/Dabo telah diselenggarakan sesuai dengan rencana dan program kerja yang dibuat ataupun sesuai kondisi dan situasi di lapangan,”lanjutnya.

Kegiatan yang dilakukan dalam rangka mencegah konflik dilakukan baik secara mandiri ataupun bersama-sama masyarakat serta unsur pemerintahan lainnya Kegiatan yang dilaksanakan tersebut berupa pemberdayaan wilayah pertahanan yang pada dasarnya dilakukan secara terus menerus sesuai program Koramil baik setiap bulan, triwulan maupun tahunan dengan melibatkan instansi terkait terutama pemerintah daerah dan Kecamatan dikabupaten Lingga.

“Dikaitkan dengan situasi saat ini kita dalam tahapan pilkada, sampai dengan saat ini sesuai informasi dari para Babinsa Jajaran Koramil 04 situasi secara umum dalam keadaan aman dan kondusif, ini kita harapkan dapat kita pertahankan kedepannya,”jelasnya.

Dikesempatan yang sama Kanit I Sat Intelkam IPDA David Y. Sembiring, S.H Menghimbau, masyarakat Kabupaten Lingga di massa pandemi Covid-19 ini supaya tetap menggikuti Protokol Kesehatan untuk menuju, tahapan pilkada,telah memasuki tahapan kampanye.

Dalam pelaksaan perekapan surat suara yaitu menggunakan aplikasi SI Rekap yang memerlukan jaringan internet, namun masih ada 43 TPS yang belum mempunyai jaringan internet yang memadai.

Menghimbau terkait dengan tetap menjaga netralitas TNI – Polri dan ASN di Kabupaten Lingga.semoga Pilkada Lingga pada tahun ini berjalan dengan lancar dan Sukses,”ucapnya.

Dalam diskusi ini lebih banyak mengupas potensi-potensi kerawanan dalam pelaksanaan pemilu. Sehingga di harapkan lebih disiapkan deteksi dini dengan harapan potensi kerawanan atau konflik tidak terjadi di Kabupaten Lingga.

Laporan : Iwan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here