Kesbangpol Lingga Adakan Rakor Tim Terpadu Penekanan Konflik Sosial

0
381

Bursakota.co.id, Lingga – Dalam rangka membahas penanganan konflik sosial di Kabupaten Lingga dalam hal penanganan Covid-19 Kabupaten Lingga dan menjelang pilkada tahun 2020. Kesbangpol Lingga laksanakan rakor timdu PKS (Tim Terpadu Penekanan Konflik Sosial) dengan Tim Gugus Tugas Covid-19 Kabupaten.

Pada hari Rabu 18/11/2020 pukul 20.00 wib telah berlansung acara Kegiatan Tim Terpadu Penanganan Konflik Sosial (TIMDU) Kabupaten Lingga Tahun 2020 dengan Tim Gugus Tugas Covid-19 Kabupaten Lingga di Ruang Pertemuan Gedung Daerah Dabo Kecamatan Singkep Kabupaten Lingga Provinsi Kepulauan Riau.

Pjs. Bupati Lingga Dr. Drs H . Juramadi Esram, SH ,MT ,MH,Asisten I Pemerintahan dan Kesra Lingga Rusli Ismail, Sekretaris Kesbangpol Provinsi Amril A.Gani Kaban Kesbangpol Kab. Lingga H. Armia, S. Pd, M. IP Danlanal Dabo Singkep Letkol Laut (P) Zulfahmi, SE. M.Tr Hanla, M.M. Kapolres Lingga AKBP Arief Robby Rachman, S.H., S.I.K., M.Si, Kepala Seksi Ops Kodim 0315 Bintan Kapt. Inf. Rusdianto,Koramil Dabo Singkep Kapt Inf. Arm. Ismarli Koto, Danlanud RHF Tanjung Pinang diwakili Letnan Sus Makmur,Kasat Intel Polres Lingga AKP. Prekdi Pakpahan,Pasi Intel Kajari Lingga Ade Chandra Prakarsa, SH. Kepala Imigrasi Dabo Nayaka Duta Harahap,SH.KA Lapas Dabo Dewanto,Posda Bin M. Aulia H. Y, Kemenag Kab. Lingga H. M. Nasir, S. Ag, MH

Kabag Hukum Setda Kab. Lingga M. Jais, Dinas Sosial,Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kab. Lingga H. Kisan Jaya, Disnaker dan Transmigrasi Kab. Lingga,Zulfikar, Kadis Pendidikan Kab. Lingga Djunaidi Adjam, Kadis Perhubungan Kab. Lingga Selamat.

Kapolres Lingga AKBP Arief Robby Rachman, S.H., S.I.K., M.Si, dalam kata sambutan,”Ini pertama kalinya kami mengikuti Rapat koordinasi di tim terpadu tentunya nanti selama saya berdinas di Lingga mohon dukungan dari semua pihak.Karna tanpa dukungan tidak akan ada hasil yang baik. Untuk itu saya harap kita saling bersinergi, harkamtibmas kami di amanatkan oleh uu sebagai garda terdepan.jadi harapan kami dari teman-teman agar dapat memberi dukungan kepada kami,”tuturnya.

Sekretaris Kesbangpol Provinsi Amril A.Gani dalam penyampaiannya,” UU 32 tentang pemerintah daerah yang dimana Bupati juga melakukan tugas umum.jadi untuk kita ketahui badan Kesbangpol ini berbeda dari yang lain karna Kesbangpol langsung melaksanakan kewenangan Presiden.Mendukung program Presiden dalam penyelenggaraan pemerintahan.

“Kita aparatur daerah dianggap seolah- olah dengan otonomi daerah bakal memisahkan ikatan NKRI. Hal ini hendaknya jangan sampai terjdi di Lingga,”tuturnya.

Kita harus bersatu padu untuk tetap melaksanakan pemilu berdasarkan instruksi presiden Menkopolhutkam sudah menegaskan hal tersebut,Kemarin sudah saya katakan New Normal itu kita harus hati-hati dan lebih rumit dari PSBB.tugas kita bersama untuk bergandengan tangan karna tanggal 9 Desember kita akan melaksanakan Pilkada.

Kadis Pendidikan Pemuda dan Olahraga Pak Djunaidi ada 2 hal yg bisa disampaikan,”Tadi malam ada kepala sekolah kerumah saya ada terjadi sedikit konflik sosial dipulau nujang. Dan guru saya tidak dikasi mengajar di pulau nujang. Ada sekitar 30 lebih pelajar kami disana. Dan tidak diizinkan mengajar selama 2 bulan yang kedua persoalan Belajar pada SMP sudah kita mulai seminggu yang lalu. Pelajar selang seling per hari secara darring.

“Kita sudah bincang dengan Bupati untuk melakukan belajar darring,apabila malam ini kita sepakat mulai besok kita terap. Di kluster singkep, singkep barat dan pesisir.Banyak pihak menelpon kan kami terkait kebijakan ini Apa bila setuju tggl 20 kita akan mulai melakukan daaring dari rumah,”imbuhnya.

Dinas Kesehatan Kabupaten Lingga Penyampaian Dinkes Ibu Ina menyampaikan,”Situasi terkini Covid-19 Kabupaten Lingga, sampai hari ini berjumlah 13 orng, 1 orng meninggal 02 dan 3 di TPI, 04 dan 5 sudah sembuh isolasi kab. lingga, 06 sedang isolasi 07 rmh singgah tpi,Tidak ada pasien yg dibawak kedaek Pasien kab. Lingga yang meninggal di TPI harus bayar,”ucapnya

Kadis PerhubunganLingga Selamat dalam kata sambutannya,”Pertama perhubungan sebagai pintu masuk pada awalnya lingga sebagai zona hijau kita sangat fokus terkait kedantangan dari luar daerah.Anggota kami selalu stay dilapangan,yang dibantu dinas kesehatan dan satpol PP dengan semakin meningkatnya kasus ini semakin menurun.sampai hari ini hal itu sudah berkurang.Ini evaluasi kita bersama untuk menjaga wilayah kabupaten Lingga agar kembali ke zona hijau.Kami mengharapkan dibeberapa titik pelabuhan diwilayah Kabupaten Lingga perlu kita antisifasi.jadi pada malam hari ini perlu kita revisi terkait kinerja kita dalam rangka penyebaran covid dengan memperketat pintu masuk.”Ucap Selamat

Selain itu,Kepala Kesbangpol Lingga H.Armia berharap “Pentingnya disiplin menjalani protokol kesehatan yang telah ditetapkan untuk menjaga kesehatan dan keamanan kita bersama di tengah pandemi COVID-19.

Semoga Pilkada 2020 tetap berkualitas, demokratis dan aman COVID-19. Karena di tengah krisis ekonomi seperti ini, dibutuhkan dukungan seluruh kelompok masyarakat agar stabilitas politik nasional dan daerah tetap terjaga, dengan harapan pemulihan ekonomi nasional bisa segera terealisasi.”tutupnya.

Laporan : Iwan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini