Ketua KPU Lingga Lantik 252 Anggota PPS

0
45
Ketua KPU Lingga, Hasbullah melantik 252 anggota PPS (foto istimewa)

Bursakota.co.id, Lingga – Ketua Komisi Pemilihan Umum atau KPU Kabupaten Lingga, Kepulauan Riau (Kepri) melantik 252 anggota Panitia Pemungutan Suara (PPS) se-Kabupaten Lingga di halaman Gedung Nasional Dabo, Kecamatan Singkep, Selasa (24/1/2023) pagi.

Ratusan anggota PPS yang dilantik ini merupakan perwakilan dari 84 Desa dan Kelurahan se-Kabupaten Lingga.

Setelah dilantik, Ketua KPU Lingga, Hasbullah menjelaskan, bahwa tugas pertama PPS ini otomatis setelah kembali ke Desa, para PPS ini akan berkoordinasi dengan Kepala Desa atau lurah untuk membentuk sekretariat PPS.

“Dan selanjutnya anggota PPS ini juga akan merekrut Panitia pemuktahiran data pemilih atau Pentarli untuk seluruh Kabupaten Lingga,” jelasnya saat diwawancarai.

“Mereka ini bertugas sampai nanti dua bulan setelah hari pemungutan suara,” sambung Hasbullah.

Ketua KPU Lingga ini berpesan, sesuai dengan amanat bahwa PPS nantinya akan bekerja untuk menjaga netralitas dan integritas, dalam melaksanakan tugas sebagai penyelenggara Pemilu 2024.

“Mereka ini tidak terdaftar di partai politik, karena pada saat mereka mendaftar di KPU melalui sistem yang mana terintegrasi kepada sipol apabila terdaftar otomatis ada notifikasinya,” ujarnya.

Dia menambahkan, pada umumnya perekrutan PPS ini dari masyarakat umum.

“Tetapi ada juga daerah kepulauan yang kekurangan SDM ada juga unsur perangkat desa,” tambahnya.

Diketahui tampak Asisten ll Ekonomi dan Pembangunan Kabupaten Lingga, Zainal Abidin menghadiri pelantikan PPS tersebut.

Mewakili Bupati Lingga, Asisten ll Ekonomi dan Pembangunan, Zainal Abidin menyampaikan pentingnya sinergitas dari semua jajaran, Pemerintah Daerah, KPU sebagai penyelenggara, TNI dan POLRI sebagai pihak keamanan, serta seluruh elemen masyarakat dalam menjaga kondusifitas penyelenggaraan pemilu nanti.

Ia juga mengucapkan selamat kepada seluruh anggota PPS yang dilantik.(Bk/Iwan)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here