Lewat Pelatihan, Disparbud Natuna Ciptakan SDM Handal di Sektor Pariwisata

0
127
Kepala Bidang (Kabid) Pemasaran Disparbud Natuna, Kardiman

Bursakota.co.id, Natuna – Masa pandemi Covid-19 yang tak kunjung usai memberi dampak begitu luas, bukan hanya dirasakan oleh masyarakat awam saja, namun Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) merasakan dampaknya.

Pasalnya ada beberapa kegiatan yang telah disusun oleh Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) yang harus ditunda pelaksanaannya.

Kepala Bidang (Kabid) Pemasaran Disparbud Natuna, Kardiman menuturkan, ditengah masa pandemi dan diberlakukan PPKM ada beberapa kegiatan yang harus kita tunda pelaksanaannya.

“Berdasarkan surat edaran kita kan tidak boleh mengumpul orang banyak, makanya beberapa kegiatan tidak bisa dilaksanakan, ditambah lagi transportasi seperti pesawat, kapal bukit raya yang tidak masuk, ini menjadi kendala juga karena setiap kegiatan narasumber yang kita hadirkan dari luar daerah,”ujar Kardiman lewat sambungan telephone, Jum’at (06/08).

Disamping itu, ada juga sebagian Pokdarwis yang diluar pulau, seperti Serasan misanya, ahirnya ada beberapa kegiatan yang sudah kita susun harus kita tunda pelaksanaannya.

Selain itu, kardiman juga mengatakan, di tengah masa Pandemi Covid-19, pihak Disparbud terus berupaya untuk memajukan sektor pariwisata dengan menyiapkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang handal di sektor pariwisata.

“Walaupun di tengah masa pandemi ini ada beberapa kegiatan yang harus kita tunda pelaksanaannya, namun kita tidak berdiam diri kita terus berupaya untuk memajukan wisata kita, salah satunya ialah menciptakan SDM yang handal,” tuturnya.

Kardiman juga menjelaskan, persiapan SDM ini melalui pelatihan-pelatihan dengan menerapkan prokes yang ketat.

“Untuk saat ini kita hanya bisa mempersiapkan SDM yang handal, melalui pelatihan – pelatihan, pelatihan seperti membranding produk, menginovasi keragaman makanan agar bisa menarik minat masyarakat untuk mengkonsumsi makanan khas daerah,” terangnya.***dodi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here