Nelayan Diminta Waspada Gelombang Capai 6 Meter di Natuna

0
27
Kepala Satasiun Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika Ranai, Feriomex Hutagalung (Foto Istimewa)

Bursakota.co.id, Natuna – Menghadapi masa transisi cuaca dari musim utara ke musim panas, masyarakat Natuna terutama nelayan diminta untuk waspada.

Menurut Kepala Satasiun Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika Ranai, Feriomex Hutagalung  saat ini curah hujan di wilayah Natuna mulai kembali terjadi dengan intensitas sedang dan rendah, dikarenakan akan berakhirnya musim utara, angin kencang disertai hujan  terjadi karena masa transisi perubahan cuaca.

Perubahan cuaca ini diperkirakan akan terjadi hingga bulan Maret mendatang, dimana ketinggian gelombang berkisar antara 2 meter- hingga 6 meter.

“Wilayah yang berpotensi hujan dan gelombang tinggi yakni di wilayah Natuna bagian utara hingga ke Pulau Laut mengarah ke Laut Cina Selatan, ” ujar Feriomex Hutagalung, Kamis (24/2/2022).

Wilayah kabupaten natuna dikenal memiliki 2 musim penghujan yang perlu diwaspadai oleh masyarakat terutama nelayan yakni pada bulan April hingga Juni dan bulan November hingga Februari. Karena pada musim ini curah hujan terjadi cukup tinggi.

“Diperkirakan pada bulan April hingga Mei nanti masih akan terjadi hujan meskipun dengan intensitas sedang,” tambahnya.

Secara umum hingga 3 hari kedepan  kondisi cuaca diwilayah Natuna diperkirakan berawan hingga hujan dengan intensitas ringan hingga sedang, dan berpotensi disertai petir dan angin kencang untuk seluruh wilayah Natuna.

Keadaan angin secara umum angin bertiup dari arah Timur Laut-Timur dengan kecepatan 05 – 40 km/jam.

Tinggi gelombang laut 1.25 m – 2.5 m (kategori sedang) berpeluang terjadi di Perairan selatan Natuna-Midai dan  Laut Natuna.

Tinggi gelombang laut 2.5 m-4.0 m (kategori Tinggi) berpeluang di Perairan Barat Kepulauan Natuna, Perairan Utara Kepulauan Natuna, dan Perairan Kepulauan Subi-Serasan.

Tinggi gelombang laut mulai dari 4.0 m-6.0 m (kategori Sangat Tinggi) berpeluang terjadi di Laut Natuna Utara. Keadaan gelombang laut berpotensi bertahan dengan ketinggian, hingga 3 hari kedepan.(dika)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here