Optimalkan Pelayanan dan Pendapatan, Perumda Tirta Nusa Kerjasama Dengan PT AJN

0
66
Direktur utama Perumda Tirta Nusa bersama Direktur PT Adil Jaya Nusantara, Farico Achyar

Bursakota co.id, Natuna – Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Tirta Nusa tengah menjajaki kerjasama dengan PT Adil Jaya Nusantara (AJN).

Kerjasama dengan tujuan untuk mengubah skema pekerjaan yang masih dengan sistem tradisional menjadi digitalisasi ini sudah berjalan hampir 3 bulan.

Direktur Utama Perumda Tirta Nusa, Zaharuddin menyampaikan, perubahan skema kerja perusahaan umum daerah dari tradisional menjadi digitalisasi memang sudah eranya.

“Sebagai penyedia layanan air minum bagi masyarakat kami dituntut untuk terus meningkatkan pelayanan. Salah satu inovasi yang dapat kita lakukan adalah menggunakan digitalisasi,” ungkap Zaharuddin di Ruang Kerjanya pada Senin (12/02/2024).

Zaharuddin menyampaikan, digitalisasi menjadi penting untuk menghadapi tantangan guna mengoptimalkan dan meningkatkan pelayanan berupa kualitas, kuantitas, kontinuitas, dan keterjangkauan PDAM.

“Peningkatan pelayanan akan bisa terwujud apabila PDAM memiliki kinerja yang sehat dalam hal pelayanan, operasional, keuangan serta SDM. Untuk bisa mengkolaborasikan kebutuhan tersebut proses optimasinya bisa menggunakan teknologi yang terintegrasi,” sebutnya.

Zaharuddin menerangkan, jika semua atribut pelayanan, pendataan serta kinerja internal PDAM dapat termonitor dengan seksama maka proses pelayanan kepada pelanggan menjadi semakin optimal.

“Tujuan kita adalah memanjakan pelanggan (service excellent),” tutupnya.

Sementara Direktur PT Adil Jaya Nusantara (AJN), Farico Achyar SH menyebutkan tujuan utama dari perubahan sistem kinerja dari tradisional ke digitalisasi adalah untuk mempermudah pekerjaan.

Salah satunya adalah proses pembayaran tagihan air untuk para pelanggan. Dimana selama ini sering terjadi kesalahan pada sistem pembayaran itu sendiri.

“Untuk itu kami hadir dengan memberikan solusi nyata agar kesalahan-kesalahan pada sistem baik itu pembayaran, kebocoran hingga komplain dari pelanggan bisa terpantau melalui dashboard berupa monitoring,” imbuhnya.

Rico mengklaim jika sistem pekerjaan dengan metode digitalisasi ini berjalan maka akan mampu meminimalisir kesalahan-kesalahan (human eror) sehingga akan berdampak pada peningkatan pendapatan di tubuh PDAM.

“Tak hanya itu saja, namun juga dapat menghemat waktu,” imbuhnya.

Selain itu Rico juga menerangkan, PT Adil Jaya Nusantara akan menawarkan beberapa aplikasi berupa Digitalisasi untuk Aspek Keuangan PDAM, Digitalisasi untuk Aspek SDM dan Digitalisasi PDAM untuk Layanan dan Operasional.

“Jika seluruh program di atas dapat di tanamkan di tubuh Perumda Tirta Nusa maka efisensi dalam perkejaan dan target yang ingin dicapai oleh Perumda Tirta Nusa pasti akan bisa diwujudkan,” tutupnya.

Editor:  Dika

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini